Media Domino Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35383Keywords:
Multimedia Interaktif, Aspek KognitifAbstract
Penelitian ini dilakukan beranjak dari permasalahan yang ditemukan di sekolah, yaitu pembelajaran daring yang membuat proses pembelajaran menjadi monoton. Situasi yang tidak menentu selama pembelajaran daring membuat guru memerlukan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran daring maupun luring. Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui validitas media domino berbasis multimedia interaktif pada aspek kognitif anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini berjumlah 5 diantaranya ahli isi pembelajaran 1 orang, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran 1 orang, dan 3 orang anak kelompok B pada uji perorangan. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode kuesioner yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Uji validitas menurut ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran memperoleh rata-rata skor 88,88% dengan kualifikasi baik serta uji coba perorangan memperoleh skor 93,33% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi dapat dinyatakan bahwa media domino berbasis multimedia interaktif ini layak digunakan pada aspek kognitif anak usia dini. Impikasi dari penelitian ini adalah produk media domino ini bisa menjadi solusi pada permasalahan yang ada, yaitu dapat digunakan pada pembelajaran daring maupun luring dan dapat membuat pembelajaran menjadi lebih bervariasi.
References
Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9–20. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227.
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Anggara, A. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Teologi Berita Hidup, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18.
Ariani, R., & Festiyed, F. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jppf.v5i2.107439.
Arnada, E. Z., & Putra, R. W. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Idealis, 1(5), 393–400. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1033.
Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran bermakna berbasis daring di tengah pandemi covid-19. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 79–88. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1377.
Fathimah, N. S., & Ishartiwi, I. (2018). Pengembangan Multimedia Mermainan Interaktif Pembelajaran Berhitung Bagi Anak Diskalkulia Usia Prasekolah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 115–128. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15541.
Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590.
Gunawan, D., & Kurniawan, F. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Pengenalan Satwa Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 69–77. http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/670.
Handoko, H., & Novitasari, K. (2019). Model Multisensori Berbasis Teknologi Multimedia untuk Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(02), 64. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1557.
Hartono, H., Lesmana, C., Permana, R., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 139–147. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.587.
Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027.
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87/91.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739.
Khoiriyati, S., & Saripah. (2018). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.209.
Kurniawan, M. P. (2018). Perancangan Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini Mengenal Nama-Nama Benda. Jurnal Amikom, 6(1), 11–25. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/2010.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467.
Lestari, N. A., & Retnoningsih, E. (2018). Animasi Interaktif Pengenalan Agama Islam Untuk Anak Usia Dini Pada TK Al-Ikhwan Bekasi. Information Management for Educators and Professionals, 2(2), 159–168. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/909.
Lestari, W. D., Yuhanna, W. L., & Lukitasari, M. (2020). Pengembangan Media Bio Pop-Up Book Terintegrasi Science, Environment, Technology, And Society (SETS) Pada Pembelajaran Biologi Materi Daur Biogeokimia. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 130. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7442.
Luthfiyah, E., & Rakhmawati, N. I. S. (2018). Pengembangan Permainan Domino Angka terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai, 7(2), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/24150.
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435.
Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 44–53. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288.
Paramitha, M. V. arie, & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 3(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1336.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140.
Putri, A. Y., & Dewi, S. (2020). Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Matematika MontessorI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.489.
Rahmawati, H., Puspitaningati, A., Lisdwiyanti, A., & Irfan, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Zoolfabet dan Domi Numbers Untuk Memperkenalkan Alfabet dan Angka Untuk Siswa RA Muslimat NU Gandusari 1. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018, 6, 572–577. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/1033.
Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.590.
Rosalina, C. D., & Nugrahani, R. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. Seling:Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 54–63. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.362.
Rosmiyati, & Wahyuni, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun dengan Bermain Kartu Domino di PAUD Nurjannah Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 76–85. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2517.
Sahari, S., & Wahyudi. (2020). Pengembangan Media Tata Surya Berbasis Macromedia Flash Sebagai Inovasi Pembelajaran DARING Untuk Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 174–183. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14711.
Sari, D. A., & Nurjanah, A. L. (2020). Hubungan Game Online dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 994. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.344.
Simalango, U., Huda, A., & Dwiyani, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Multimedia Interaktif Mobile Learning. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 6(2), 44. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v6i2.101986.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Ulfa, S. (2016). Pemanfaatan Teknologi Bergerak Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Edcomtech, 1(1), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1783.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621.
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959.
Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194.
Wirman, A., Yulsyofriend, Y., Yaswinda, Y., & Tanjung, A. (2018). Pengunaan Media Moving Flahscard Untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 54–62. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.290.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)