Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini

Ni Wayan Aryani, Didith Pramunditya Ambara

Abstract


Rendahnya kemampuan siswa dalam aspek kognitif disebabkan kurangnya  materi dan media pembelajaran yang mendukung  siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan video pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada aspek kognitif khususnya kemampuan klasifikasi pada anak usia dini.  Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research dan Development) dengan menggunakan model  ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah satu  uji coba ahli materi , satu  uji coba ahli media, satu uji coba ahli desain media pembelajaran dan  tiga  uji coba perorangan yang dilakukan tiga orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan angket. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuesioner/ angket. Teknik yang digunakan  dalam  menganalisis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini  yaitu Video  pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan hasil penilaian yang dilakukan ahli materi,  ahli media, ahli desain pelajaran dan perorangan dengan persentase penilaian rata-rata 88,5% dengan kualifikasi baik. Implikasi dari penelitian pengembangan video berbasis multimedia interaktif pada aspek kognitif dapat dijadikan salah satu solusi pada permasalahan yang ada, yaitu dapat digunakan pada pembelajaran untuk meningkatkan aspek kognitif siswa salah satunya klasifikasi. Selain itu media ini dapat membuat pembelajaran menjadi lebih variatif sehingga pembelajaran lebih menarik dan dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak.

 


Keywords


Video; Media Interaktif; Kognitif

References


Ahmad Susanto, M. P. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.

Amrulloh, A., & Mulyoto, A. (2016). Animasi Pembelajaran Interaktif untuk Anak 4-5 Tahun Berbasis Android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 1(2), 38–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/informatika.v1i2.1467

Epinur, E., Anesia, A., & Yusnidar, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Larutan Penyangga untuk SMA Kelas XI IPA. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 9(2), 9–18. https://doi.org/10.22437/jisic.v9i2.5109

Hapsari, R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mengelompokkan Benda Dengan Media Bola Warna. Jurnal Pendidikan Islam Abak Usia Dini, 3(1), 230. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5251

Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019). Bangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV Di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045

I Made Tegeh, dkk. (2014). Buku Ajar Model-Model Pengembangan. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Iswara, G., Kuswandi, D., & Husna, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Dilengkapi Dengan Simulasi Untuk Memvisualisasikan Reaksi Kimia Pada Materi Larutan Penyangga SMA Kelas XI. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 58–68. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p058

Jamhari, I., Susilaningsih, S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Buku Suplemen 3D Augmented Reality Sebagai Bahan Belajar Tematik Tema Lingkungan Tentang Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas III SD. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 76–81. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p076

Jones, A. H. S. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia Pengenalan Binatang dan Alat Transportasi untuk Anak Usia Dini 2-3 Tahun. Jurnal Teknologi, 9(1), 78–82. https://doi.org/https://doi.org/10.3415/jurtek.v9i1

Kartini, K., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif tema binatang untuk pembelajaran di taman kanak-kanak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33879

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Lia, L. (2015). Multimedia interaktif sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam bidang pendidikan sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 132–140. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.36706/Jipf.V2i2.2614

Luhulima, D., Degeng, I. N., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi untuk Anak Sekolah Minggu. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p110

Marliawati L. P., Parmiti, D. P., Suartama, K., Pendidikan, J., Usia, A., Pendidikan, J. T., Pendidikan, F. I., & Ganesha, U. P. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas Dengan Media. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v1i1.1094

Panje, M., Sihkabuden, S., & Toenlioe, A. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Teknik Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1473–1478. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6617

Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607

Retnaningrum, W. (2016). Peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini melalui media bermain memancing. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 207. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11284

Rorita, M., Ulfa, S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Panjura Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p070

Rosita, F. Y. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Berbicara Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 25. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2445

Saputra, A., & Filahanasari, E. (2020). Pengembangan Media Video untuk Pengenalan Karir di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 499–507. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29110

Studi, P., Guru, P., Usia, A., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Sriwijaya, U. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Bilangan Berbasis Tema Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. 06141181419012. http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/7778

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. In Jakarta: Depdiknas (Vol. 83).

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Ulandari, V., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasi melalui Bermain Konstruktif Sifat Padat. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 127–132. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.3.2.127-132

Vannisa Aviana Melinda, I Nyoman Sudana Degeng, D. K. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V Sdnu Kraton-Kencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/download/2383/1435

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V8i1.21489

Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194

Yoto, Y., & Wiyono, K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran teori kinetik gas berbantuan Lectora Inspire untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 211–219. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2626

Yusuf, W., Degeng, I. N., & Adi, E. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa Dengan Sandhangan Kelas IV SD. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 95–98. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p095




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043

Article Metrics

Abstract view : 332 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.