Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043Keywords:
Video, Media Interaktif, KognitifAbstract
Rendahnya kemampuan siswa dalam aspek kognitif disebabkan kurangnya materi dan media pembelajaran yang mendukung siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan video pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada aspek kognitif khususnya kemampuan klasifikasi pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research dan Development) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah satu uji coba ahli materi , satu uji coba ahli media, satu uji coba ahli desain media pembelajaran dan tiga uji coba perorangan yang dilakukan tiga orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan angket. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuesioner/ angket. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu Video pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan hasil penilaian yang dilakukan ahli materi, ahli media, ahli desain pelajaran dan perorangan dengan persentase penilaian rata-rata 88,5% dengan kualifikasi baik. Maka, video pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada aspek kognitif anak usia dini valid dan layak diterapkan pada proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian pengembangan video berbasis multimedia interaktif pada aspek kognitif dapat dijadikan salah satu solusi pada permasalahan yang ada, yaitu dapat digunakan pada pembelajaran untuk meningkatkan aspek kognitif siswa salah satunya klasifikasi. Selain itu media ini dapat membuat pembelajaran menjadi lebih variatif sehingga pembelajaran lebih menarik dan dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak.
References
Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Technology, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091.
Adi, W. A., Relmasita, S. C., & Hardini, A. T. (2020). Pengembangan Media Animasi Untuk Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24778.
Anggraini, V. (2019). Stimulasi Keterampilan Menyimak terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112.
Basori, M. (2016). Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2). https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/211.
Fajriyah, E. (2018). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Double Loop Problem Solving Berpendekatan RME-PISA. Universitas Negeri Semarang.
Havizul. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Menggunakan Model DDD-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480.
Jabri, U., Sukaryadi, A., Andika, Amin, S. Y., Arni, Pairi, M. S., Faika, N., M, N. I., Supri, Yuneda, Mahmud, Misna, Sumi, Rosminah, & Elihami. (2020). Media Pembelajaran Pop Up Book Kelas V SDN 181 Curio Yang Kreatif Dan Inovatif. Maspul Journal Of Community Empowerment, 2(2), 34–39. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/784.
Jannah et al. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952.
Kurniawan, M. P. (2018). Perancangan Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini Mengenal Nama-Nama Benda. Jurnal Amikom, 6(1), 11–25. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/2010.
Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.
Mentari, T. A. S., & Rosalina, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Rias Wajah Karakter Foto/TV/Film Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan FPP UNP. Journal of Education Scienties, 2(2), 194–199. http://lppm.ojs.unespadang.ac.id/index.php/UJES.
Miaz, Y., Helsa, Y., Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The development of interactive multimedia-based instructional media for elementary school in learning social sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 032107. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107.
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565.
Nazalin, N., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Untuk Siswa Kelas Xi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7359.
Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kurikulum Teknologi Pendidikan (JKTP) Universitas Negeri Malang, 1(3), 257–263.
Nur Hidayah, A., & Nurhadija, N. (2018). Aktivitas Mendongeng Menggunakan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Moral. Jurnal Smart Paud, 1(1), 73. https://doi.org/10.36709/jspaud.v1i1.3523.
Nurhayati, S., & Muharamsah, L. (2020). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Smp Negeri 1 Carita. JOINS (Journal of Information System), 5(2), 200–207. https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3491.
Pangestu, M. D., & Wafa, A. A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter untuk Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeru 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11. https://doi.org/10.17977/UM014v11i12018p071.
Puspitasari, F. D. A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Serat Wulangreh Pupuh Pangkur Untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Kota Semarang. Journal of Javanese Learning and Teaching, 5(2), 17–25. https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601.
Rosiyanah, R., Yufiarti, Y., & Meilani, S. M. (2020). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 941–956. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.758.
Saurina. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95–108. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27.
Surachman, D. (2020). Efektifitasnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gema Wiralodra, 11(2), 180–189. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.99.
Susanto, Dewi, N. R., & Irsadi, A. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Education Game pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Cahaya untuk Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.15294/USEJ.V2I1.1829.
Towoliu, I. D., Hartati, S., & Hapidin, H. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Islam melalui Program Cinta Rosul pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.618.
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. , 4(1), . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 280–294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.
Zeptyani, P. A. D., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 69–79. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.24740.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)