Multimedia Interaktif Sub Tema Profesi untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

Ni Kadek Anik Pratiwi, Luh Ayu Tirtayani

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemukan di sekolah yaitu kesulitan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran daring khususnya pada media pembelajaran. Guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pada proses pembelajaran daring. Penelitian ini bertujan mendeskripsikan rancang bangun dan menguji validitas multimedia interaktif pada sub tema profesi untuk anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini berjumlah lima orang yaitu ahli isi pembelajaran satu orang, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran satu orang, dan pada uji perorangan menggunakan tiga orang anak kelompok B TK. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Data yang diperoleh pada penelitian ini diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas oleh ahli isi pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh kualifikasi baik, dan uji coba perorangan memperoleh kualifikasi sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif sub tema profesi ini layak digunakan untuk pembelajaran anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini yaitu produk multimedia interaktif ini bisa menjadi solusi atas permasalahan pada pembelajaran daring, khususnya pada materi profesi anak usia dini yang akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih bervariasi.


Keywords


Multimedia; Interaktif; Profesi

References


Adijaya, N. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online Pengembangan teori dari penelitian berjudul “persepsi mahasiswa terhadap materi ajar pada pembelajaran online” yang telah dipublikasi di Jurnal Eduscience Vol. 3/1. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(2), 105–110. https://doi.org/10.31294/w.v10i2.3931.

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113.

Dian, Nasution, H., & Sukamto, A. S. (2018). Aplikasi Pengenalan Mamapro (Macam-macam profesi) pada Anak Usia Dini. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 6(4), 169. https://doi.org/10.26418/justin.v6i4.27280.

Febrialismanto. (2021). Perbedaan Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1603–1615. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.743.

Hadary, F., Yuniarni, D., & Wulandari, R. S. (2020). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kota Pontianak Kalimantan Barat. AL-KHIDMAH 2, 2(2), 44–45. https://doi.org/10.1201/9781315274508-20.

Hadary, F., Yuniarni, D., Wulandari, R. S., Siahaan, S., & Mawarni, D. (2019). Multimedia Interaktif Berbasis Sumber Daya Alam Khas Kalbar Dalam Pembelajaran Di Paud. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 35–42. https://doi.org/10.24853/yby.3.1.34-52.

Hanafri, M. I., Ramdhan, S., & Nisa, K. (2017). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6. Jurnal Sisfotek Global, 7(2), 38–44. http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v7i2.148.

Haryanto, & Friana, B. (2018). Aplikasi Permainan Edukatif Mengaji Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknik Informatika Unis, 6(1), 8–16. https://doi.org/10.33592/jutis.Vol6.Iss1.36.

Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 116–127. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218.

Hidayat, B. R. N., Nabil, P. S., Firmansyah, R., Muhtar, W., Mas, A., Ramli, R., Latif, A., & Robbani, F. J. (2020). Media Pembelajaran “ Singa Sang Raja Hutan ” Berbasis Aplikasi Adobe Flash untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.536.

Kaffah, S. A., Arafah, R. N., Rahimsyah, M. L., Nurfauziah, A., Alpiansah, A. B., Ziaul, D., Iskandar, H., Isada, G. J., & Firmansyah, R. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Mengenai Pengenalan Nama Buah dalam Tiga Bahasa untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.542.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87.

Kukuh, N. M., Dwiyogo, W. D., & Heynoek, F. P. (2017). Pengembangan Permainan Aku Dan Hewan Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Guru Anak Usia Dini. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 153. https://doi.org/10.17977/um040v1i1p153-165.

Lestari, N. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jawa Tengah: Lakeisha.

Maulida, S., Mansur, H., & Fatimah. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 1(1), 20–28.

Muhson, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.

Munawaroh, H., Eka, A., Widiyani, Y., & Muntaqo, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. 5(2), 1164–1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619.

Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164–1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619.

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabetha.

Noor, T. R., & Astutik, E. (2019). RODA (Rotating Education Game) sebagai Media Pembelajaran untuk Menanamkan Sikap Disiplin pada Anak Usia Dini. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i2.298.

Norita, E., & Hadiyanto. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kognitif Berbasis Multimedia di TK Negeri Pembina Padang. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.783.

Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435.

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557.

Purwaningsih, E. (2018). Mengenal Warna, Angka, Huruf Dan Bentuk Pada Anak Usia Dini Melalui Animasi Interaktif. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, Vol.3 No.2(Februari), 203–210. www.bsi.ac.id. http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/349.

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., Hermita, N., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Riau, U. (2019). PRIMARY : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 8 Nomor 2 Oktober 2019 Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 8 Nomor 2 Oktober 2019. 8(2), 160–172.

Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/jpud.122.21.

Rosandi, A. K. F., Tjandrakirana, T., & Supardi, I. (2016). Pengembangan multimedia IPA berbasis flash untuk meningkatkan literasi sains siswa smp. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 4(1), 34-40.

Rozi, F., & Khomsatun, K. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(1), 12. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i1.781.

Sari, D. A., & Nurjanah, A. L. (2020). Hubungan Game Online dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 994. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.344.

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039.

Solfema, Wahid, S., & Pamungkas, A. H. (2018). Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Lingkungan dalam Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 107–111. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.12.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Suartama, I. K. (2010). Pengembangan mutimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3).

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194.

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Zulmal, F. R., & Hidayati, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Adobe Captivate 9 Dalam Penanaman Nilai Kemandirian Anak Usia Dini. Inovtech. https://doi.org/10.24036/inovtech.v2i01.106.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v9i2.35362

Article Metrics

Abstract view : 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.