Survei Kesiapan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Daring

Authors

  • Ni Kadek Rista Ariswari UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • Luh Ayu Tirtayani UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34852

Keywords:

Kesiapan, Orang Tua, Pembelajaran Daring

Abstract

Kondisi pandemi COVID-19 menyebabkan adanya kebijakan belajar dari rumah oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus. Sistem pembelajaran secara daring merupakan solusi ditengah pandemi dalam hal belajar mengajar dengan menggunakan aplikasi seperti Whatsapp grup, Google meet dan Zoom yang dapat membantu proses pendidikan dan pembelajaran berlangsung meskipun jaraknya jauh. Persiapan para orang tua memegang peranan penting sebagai bantuan dan sekaligus penyemangat bagi anak-anaknya ketika pulang kerumah. Dilakukannya riset ini guna menganalisa persiapan orang tua pada pembelajaran anak usia dini berbasis online. Jenis penelitian ini merupakan penelitian gambaran umum yang memukau dengan metodologi kuantitatif. Responden dalam penelitian adalah orang tua dalam kegiatan pembelajaran remaja berbasis daring sebanyak 390 responden. Teknik riset yang akan digunakan adalah clear investigation. Hasil dari riset ini diperoleh bahwa persiapan yang sebenarnya menunjukkan bahwa status orang tua dalam ukuran pembelajaran berbasis daring untuk remaja ditanggapi secara empatik oleh semua orang tua. Kesiapan orang tua dalam proses pembelajaran daring untuk remaja sejauh persiapan mental ditanggapi secara empatik. Persiapan orang tua dalam pembelajaran berbasis daring mengukur sejauh status materi ditanggapi secara empatik. Sejalan dengan itu, ditarik kesimpulan persiapan orang tua dalam langkah mendidik anak usia dini berbasis daring/online selama pandemi virus Corona disikapi dengan tegas.

Author Biographies

Ni Kadek Rista Ariswari, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

PG PAUD

Luh Ayu Tirtayani, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

PG PAUD

References

Al Hakim, M. F. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka cipta.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Borotis, S., & Poulymenakou, A. (2004). ELearning Readiness Components: Key Issues to Consider Before Adopting eLearning Interventions. Paper presented at the E-Learn: World Conference on ELearning in Corporate, Government, Healthcare, and Higher Education 2004.

Cahyono, E., Susetyarini, E., & Nurrohman, E. (2021). Hubungan Kesiapan Orang Tua dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i1.2453.

Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 2433–2441.

Djamarah, & Bahri, S. (2002). Rahasia Sukses Belajar. Rineka cipta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, T. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring Di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Tahun Pelajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Indahini, R. S., Sulton, & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digita Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141–148. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3730.

Jamilah, J. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 86–96. https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.37.

Jayawardana, H. B. . (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Paud Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 40–50. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6647.

Karnawati, & Mardiharto. (2020). Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid-19: Kendala, Solusi, Proyeksi. Jurnal STT Simpson.

Khasanah, M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Diponegoro 1 Kutawis Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55.

Marom, K. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Di Sd Islam Daarul Muwahidin Semarang. Webinar Series FIP, 28–35. http://conference.upgris.ac.id/index.php/wsfip/article/view/1313.

Nur Khalimah, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di MI Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang. Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686–697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699.

Nurhasanah R. (2020). Pembelajaran Daring DI i Masa Pandemi Covid 19 Pada Kelompok B.5 TK Kemala Bhayangkari Bone. Educhild, 2(2), 58–67.

Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numbah, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas Vii Smpn. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769.

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878.

Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, M., Maghfirah, F., Haryani, W., Wahyuningsih, T., Wardana, H., Sagita, A. D. N., Oktamarina, L., & Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 362–373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi (Cetakan ke). Alfabeta.

Sugiyono, M. (2014). Educational Research Methods Quantitative, Qualitative Approach and R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafari, Y., & Montessori, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1295–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.

Warliani, R., & Fauziyyah, S. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 372. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1031.

Widyasari, Nurbaiti., Irawan, Bambang., Muzayana, A. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Pembelajaran Jarak Jauh.

Widyastuti, Kurniawan, S. B., & Rintayati, P. (2021). Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(449).

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020a). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020b). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Wisnu Budi Wijaya, I. K. (2019). Menanamkan Konsep Catur Paramita Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 41–46. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.737.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Yusuf, S. P. (2020). Partisipasi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Selama Pembelajaran Daring. Sumber Intelektual Negeri Serumpun.

ZULFIKAR, Z. (2020). Rekonstruksi Pendidikan Keluarga Pada Masa Pandemi (Studi Pada Walimurid SMPI Al Hasanah Kota Bengkulu). Annizom, Vol. 5 No.(3), 123–130. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/annizom/article/view/3477.

Downloads

Published

2021-07-06

How to Cite

Ariswari, N. K. R., & Tirtayani, L. A. (2021). Survei Kesiapan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 89–98. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34852

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>