Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini pada Masa New Normal

Ni Made Krisnanda Kusuma Indra Rini, Luh Ayu Tirtayani

Abstract


Perubahan sistem belajar yang dikarenakan situasi pandemi COVID-19 menuju new normal membuat kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan pada manajemen pembelajarannya sehingga tenaga pendidik diharuskan menyesuaikan kembali dengan keadaan di masa new normal ini. Hal ini perlu adanya penyesuaian di setiap manajemen pembelajaran, terutama guru PAUD harus siap dalam menghadapi perubahan karena sasaran peserta didik yang tergolong usia dini dan agar mampu memberikan penyampaian pembelajaran dan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan temuan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen pembelajaran PAUD di masa new normal. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian ini sebanyak 139 guru dari total populasi sebanyak 213 guru. Pengumpulan data mempergunakan metode non tes dengan instrumen berupa kuesioner  tertutup. Tahapan analisis data dalam penelitian ini menggunakan persentase data mean (rata-rata). Hasil penelitian ini dapat dilihat dari aspek perencanaan menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh guru sudah baik, dari aspek pelaksanaan menunjukkan kegiatan yang dilakukan berjalan dengan lancar, aspek pengawasan menunjukkan persiapan dan strategi yang dirancang sudah sangat baik, kemudian aspek evaluasi  menunjukkan segala sesuatunya yang terkait dengan penilaian sudah dirancang dengan sangat baik dan aspek pelaporan menunjukkan segala bentuk pertanggung jawaban guru kepada pihak terkait juga sudah matang. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam manajemen pembelajaran PAUD di masa new normal ini dari 5 aspek yang ada menunjukkan hasil yang sangat baik dalam penerapannya.

Keywords


Manajemen Pembelajaran PAUD; PAUD; New Normal

References


Artapati, L. W. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sd Negeri Serayu Yogyakarta. 4(2). https://doi.org/https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/13016/10627

Asta, I. K. R., Agung, A., Agung, G., & Widiana, I. W. (2015). Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Ipa Universitas Pendidikan Ganesha Berdasarkan penelitian dari United. 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5637

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Bafadal. (2012). Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak. PT Bumi Aksara.

Eryadini, N., Nafisah, D., Sidi, A., & Buana-lamongan, U. P. A. (2020). Psikologi Belajar Dalam Penerapan Distance Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(3), 163–168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1051

Fauziddin, M. (2018). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early. Jurnal Obsesi, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Fitri, A. E. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Di Paud IT Auladuna Kota Bengkulu). 2(1), 1–13. https://doi.org/https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3032/1520

Hanifah, H. (2018). Penerapan Manajemen Program Pembelajaran Bagi Guru Paud Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 24. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1102

Ita, E. (2018). Manajemen pembelajaran pendidikan anak usia dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889

Jaya, H. N., & Idhayani, N. (2021). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. 5(2), 1566–1576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Karaeng, L. K. G., & Simanjuntak, D. C. (2021). Exploration Of Efl Teachers ’ Experience Toward The Implementation Of E-Learning Amidst The Covid-19 Pandemic : A Qualitative Interview Study. 4(2), 324–340. https://doi.org/10.22460/project.v4i2.p324-340

Kurniasari, A. dkk. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/10423/4382

Larasati, A. D., Wiyono, B. B., & Supriyanto, A. (2020). Terhadap Disiplin Kerja Guru Dalam Pembelajaran Di. 3(September), 239–248. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p239http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/14463/6312

Mujahidin, E., Mangunjaya, F. M., & Wibowo, R. (2021). The Impact and Strategy for Combating the Outbreak Covid-19 in Student. 5(4), 2145–2155. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1057

Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Munthe, A. P. (2015). Pentingya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Pragholapati, A. (2020). New Normal “Indonesia” After Covid-19 Pandemic. 2019, 1–6. https://doi.org/10.31234/osf.io/7snqb

Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209–1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811

Sawitri, H. (2021). COVID-19 : TINGKAT STRES BELAJAR ANAK-ANAK faktor dari dalam individu seperti penyakit bawaan yang telah dialami dan kurangnya. 5(2), 101–124. https://doi.org/10.35931/am.v5i2.542

Sit, M., & Assingkily, M. S. (2020). Persepsi Guru tentang Social Distancing pada Pendidikan AUD Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1009–1023. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.756

Spiel, C., Schober, B., & Bergsmann, E. (2015). Program Evaluation. International Encyclopedia of Social & Behavioral Sciences (Second Edition, Vol. 19). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.22015-1

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Sum, T. A., Graciela, E., & Taran, M. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Abstrak. 4(2), 543–550. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452

Sutarna, N., Acesta, A., Cahyati, N., Giwangsa, S. F., Iskandar, D., & Harmawati, H. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Siswa usia 5-8 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 288–297. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1265

Suyadi. (2011). Manajemen PAUD: TPA-KB-TK/RA. Pustaka Pelajar.

Syafi’i. (2021). Strategi Pelaporan Penilaian Pembelajaran Dalam Masa Pandemi Covid-19 di RA Al-Ma’ruf Beyan. Potensia, Jurnal Ilmiah, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.57-65

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Wang, G., Zhang, Y., Zhao, J., Zhang, J., & Jiang, F. (2020). Mitigate the effects of home confinement on children during the COVID-19 outbreak. The Lancet, 395(10228), 945–947. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30547-X

Winanti, R., Purwanto, & Khuriyah. (2021). Model Manajemen Pembelajaran Dari Rumah Untuk Pendidikan Berkarakter ( Studi Pada TK Islam Makarima Dan TK Inklusi Saymara Sukoharjo ). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 648–660. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v9i3.37421

Article Metrics

Abstract view : 2150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.