Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual Terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini

Ni Ketut Sumiati, Luh Ayu Tirtayani

Abstract


Mengingat masih rendahnya kemampuan empati pada anak, sedangkan guru belum dapat memberikan stimulus melalui media pembelajaran yang lebih efektif serta bervariasi. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dikembangkannya sebuah media pembelajaran yang dapat membantu dalam menstimulasi kemampuan empati anak. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas buku cerita bergambar digital berbasis audio visual dalam upaya untuk menstimulasi kemampuan empati anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini ada tiga yaitu ahli isi materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan tiga orang anak kelompok B. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pengembangan aplikasi buku cerita bergambar digital berbasis audio visual melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh ahli materi memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh subjek uji coba perorangan memperoleh persentase skor 97% dengan kualifikasi sangat baik. Oleh karena itu, aplikasi buku cerita bergambar digital berbasis audio visual valid digunakan untuk menstimulasi kemampuan empati anak kelompok B.


Keywords


buku cerita; audio visual; empati

References


Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Anggraini, W. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Mengembangkan Empati Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Didaxei : Jurnal Pendidikan, 1(1), 41–52. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466

Arofa, I. Z. (2018). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(61), 89–100. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5435

Asiah, A. (2019). Implementasi Sistem Full Day School dalam Mengembangkan Empati Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 247–258. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-03

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578

Astami, N. W. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyimak Kelompok B TK Gugus II Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 206. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18996

Dewi, N. P. D. S. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Empati Anak Kelompok B1 TK Tunas Daud Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 78–87. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18761

Dewi, Y. A. S. (2018). Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B RA Riyadlul Jannah Wrati Kejayan Pasuruan. PROCEEDING: The 3rd Annual International on Islamic International Education, 3. https://doi.org/10.31219/osf.io/equkr

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson And Learning Studies, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321

Dheasari, A. E. (2020). Pengembangan Media Bigbook Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Empati dan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(1), 41–54. https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i1.3705

Fujiyanto, A. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576

Halim, D. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216

Handayani, L. (2020). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter pada Ranah Sekolah bagi Siswa SMP Kelas VII di Kabupaten Kendal. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 8(2), 107–115. https://doi.org/10.15294/piwulang.v8i2.33494

Hariyanti. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari. Jurnal Penelitian PAUD, 3, 106–120. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.520

Herlina, V. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Digital Berbasis Literasi Digital pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Dinamika Bahasa Sekolah Dasar, 1(1), 1–13. https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/bahasa/article/view/117

Hidayah, A. N. (2018). Aktivitas Mendongeng Menggunakan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Moral. Jurnal Smart PAUD, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v1i1.3523

Hidayah, N. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Islami Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2668

Kurniawati, R. T. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634

Mardliyah, S. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665

Mashar, R. (2015). Empati Sebagai Dasar Pembentukan KarakterAnak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3040

Mawarani, G. (2019). Hubungan Antara Kecenderungan Internet Addiction Dengan Empati Pada Anak Sekolah Dasar. Cognicia, 7(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/COGNICIA.Vol7.No1.%25p

Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas AUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975

Misnawan, I. W. (2020). Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Buku Cerita Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 282. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28266

Nashukah, F. (2013). Perbedaan Kematangan Emosi Remaja Ditinjau Dari Struktur Keluarga. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 3(2), 93. https://doi.org/10.26740/jptt.v3n2.p93-102

Noviasri, R. (2020). Perancangan Buku Cerita Bergambar “Petualangan Anak Pesisir: Ksatria Masin” Sebagai Media Pengenalan Makanan Khas Gresik Untuk Anak-Anak. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 12(2), 34–40. https://doi.org/10.31937/ultimart.v12i2.1440

Nugraheni, I. (2019). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Education, 4(3), 322–329. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12085

Nurani, I. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Audio Visual Pokok Bahasan Sintesis Protein Untuk SMA. Jurnal VARIDIKA, 28(1), 90–95. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i1.1961

Nurfazrina, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Review). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 285–299. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30447

Nurjanah, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 69–83. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2201

Pertiwi, K. S. (2020). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8, 156–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335

Pratiwi, N. L. M. T. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak Dengan Menginsersi Budaya Lokal dalam Tema Kegemaranku Untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 38–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984

Puspitasari, F. D. A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Serat Wulangreh Pupuh Pangkur Untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Kota Semarang. Journal of Javanese Learning and Teaching, 5(2), 17–25. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601

Putri, A. D. (2020). Nilai Antikorupsi Dalam Buku Cerita Bergambar Peternakan Kakek Tulus dan Byur! KEMBARA :Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 6(1), 49–61. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v6i1.11353

Putri, Q. (2021). Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 20. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.4812

Rachmah, D. N. (2014). Empati Pada Pelaku Bullying Empathy At The Bullies. Jurnal Ecopsy, 1(2), 51–58. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/ecopsy.v1i2.487

Rahmawati, A. (2015). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2875

Ratnasari, E. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Rosvita, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Berbasis Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Rokania, VI(1), 23–34. https://doi.org/https://doi.org/10.37728/jpr.v6i1.368

Rosyadi, A. A. P. (2020). Development of Interactive Mathematic Stories (BuCIM) Based on Dienes Theory. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 235–243. https://doi.org/10.33654/math.v6i2.678

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidiakan). Alfabeta.

Surachman, D. (2020). Efektifitasnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gema Wiralodra, 11(2), 180–189. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.99

Suryaningsih, E. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa SD. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.5310

Sutanti, T. (2015). Meningkatkan Empati Mahasiswa Prodi BK. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 188–198. https://doi.org/10.26858

Syafitri, S. M. (2020). Menumbuhkan Empati Dan Perilaku Prososial Terhadap Anak Usia Dini Dalam Menanggapi Pelajaran Isu Dunia Nyata. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 12(2), 140. https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.34049

Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02), 141–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36764/jc.v2i2.157

Tarini, N. M. W. S. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Cerita Rakyat Terhadap Perilaku Empati Anak Kelompok B. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v6i1.15044

Tegeh. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidiakn Universitas Pendidikan Ganesha.

Vindaswari, R. F. (2018). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Berbasis Nilai-Nilai Kepedulian Bagi Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 148. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.661

Wicaksono, G. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif Terhadap Kemampuan Siswa Menemukan Isi Cerita. Joyful Learning Journal, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v9i4.40868




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514

Article Metrics

Abstract view : 746 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.