Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Penerapan Pembelajaran Daring

Authors

  • Ida Ayu Putu Nandri Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Ayu Tirtayani universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37936

Keywords:

Pola Interaksi, Guru, Orangtua

Abstract

Adanya pandemi COVID-19 menyebabkan pembelajaran dilaksanakan secara daring, hal ini menimbulkan permasalahan yaitu kurangnya pemahaman siswa akan proses pembelajaran daring dilihat dari kondisi siswa yang masih tergolong anak usia dini yang kesulitan untuk memahami pembelajaran sehingga dibutuhkan peran orangtua untuk memantau kegiatan anak dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Maka dari itu, perlu diketahui bagaimana penerapan pola interaksi guru dan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola interaksi guru dan orang tua dalam penerapan pembelajaran secara daring. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 83 guru dari total populasi sebanyak 103 guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes dengan intrumen berupa kuesioner tertutup. Tahapan analisis data dalam penelitian ini menggunakan persentase data mean (rata-rata). Hasil penelitian ini dilihat dari aspek interaksi kontak sosial menunjukkan hubungan guru dan orangtua dalam pembelajaran daring termasuk dalam kriteria yang positif dan dari aspek interaksi komunikasi menunjukkan hubungan guru dan orangtua dalam pembelajaran daring juga termasuk dalam kriteria yang positif. Maka, dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring pola interaksi guru dan orangtua sudah terjalin dengan baik. Implikasi dari penelitian ini yaitu hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai refrensi terkait dengan penerapan pola interaksi guru dan orangtua siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Author Biographies

Ida Ayu Putu Nandri Pratiwi, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

Luh Ayu Tirtayani, universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

References

Adha, M. R. A., Murdiyanto, E., & Hamidah, S. (2019). Perubahan Interaksi Masyarakat Melalui Kontak Sosial dan Komunikasi Sosial di Desa Wisata Singosaren Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(2), 160–172. https://doi.org/10.31315/jdse.v20i2.3490.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Angus, D. C. (2020). Optimizing the Trade-off between Learning and Doing in a Pandemic. JAMA - Journal of the American Medical Association, 323(19), 1895–1896. https://doi.org/10.1001/jama.2020.4984.

Ansari, A., & Purtell, K. M. (2017). Activity settings in full-day kindergarten classrooms and children’s early learning. Early Childhood Research Quarterly, 38, 23–32. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2016.09.003.

Anwas, O. M. (2011). Pembudayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah. Jurnal Teknodik, 15(1), 75–83. http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.90.

Apriyanti, C. (2021). The Role of Parents in Learning During The Covid-19 Outbreak. International Journal of Education & Curriculum Application, 4(1), 18–25. https://doi.org/10.31764/ijeca.v4i1.4237.

Ardiawan, I. K. N., & Heriawan, I. G. T. (2020). Pentingnya Komunikasi Guru dan Orangtua Serta Strategi PMP dalam Mendukung Pembelajaran Daring. DANAPATI: Jurnal Komunikasi, 1(1), 95–105. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/danapati/article/view/37/10.

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 12(7), 13–18. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal LAMPUHYANG, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194.

Astuti, A. dewi, & Presiadi, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. N: Prosiding Web-Seminar Nasional (Webinar), 129–135.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203.

Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Diana, R., Darmawan, I. P. A., & Simamora, E. S. B. (2021). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran PAUD di Masa Pandemi COVID-19. Vox Dei: Jurnal Teologi Dan Pastoral, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.46408/vxd.v2i1.42.

Fauzi, I., & Sastra Khusuma, I. H. (2020). Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume, 8(3), 496–503. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503/4094.

Hasanah, H., Morjohan, & Daharnis. (2020). Contribution of Self-esteem and Parents Social Support to Students Academic Resilience in Online Learning. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 2(1), 73–79. https://doi.org/10.24036/005400ijaccs.

Irwanto, M. S. H. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada PAUD. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.8.

Kartini, Y. (2020). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Online sebagai upaya pencegahan virus corona di MI Muhammadiyah Pasirmuncang. QALAM: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 77–91. http://ejournal.stais.ac.id/index.php/qlm/article/view/22/11.

Khadijah, K., & Gusman, M. (2020). Pola Kerja Sama Guru Dan Orangtua Mengelola Bermain Aud Selama Masa Pandemi Covid-19. Kumara Cendekia, 8(2), 154. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.41871.

Khadilkar, H., Ganu, T., & Seetharam, D. P. (2020). Optimising Lockdown Policies for Epidemic Control using Reinforcement Learning. Transactions of the Indian National Academy of Engineering, 5(2), 129–132. https://doi.org/10.1007/s41403-020-00129-3.

Koten, M. vivianti bare, & Iswayudi, D. (2019). Pola Interaksi Mahasiswa Etnis Timur Dan Etnis Jawa Untuk Meningkatkan Kerukunan Bermasyarakat Di Kampus. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Dosen, 3, 272–278. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/article/view/207/177.

Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945.

Kurniasih, N. (2020). Pola interaksi dan implikatur percakapan dalam pemebelajaran bahasa indonesia di grup whatsapp pada masa pandemi covid-19 kelas X TKRO 1 SMK Negeri 2 Kendal tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 1–22. http://journal.upgris.ac.id/index.php/sasindo/article/view/6821.

Larimore, R. A. (2020). Preschool Science Education: A Vision for the Future. Early Childhood Education Journal, 48(6), 703–714. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01033-9.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.

Limbong, M., Ali, S., Rabbani, R., & Syafitri, E. (2020). Pola Interaksi Guru dan Orangtua dalam Mengendalikan Emosional Siswa Selama Pembelajaran Daring di MTS Islamiyah Medan. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 44–55. https://doi.org/ 10.47971/tjpi.v3i1.226.

Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 15–32. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1375.

Mahdi, N. I., Roza, M. Y., Ginting, E. br, & Lestari, W. (2020). Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik AUD Selama Masa Pandemi Covid 19 di TK Al Ikhlas. Hikmah, 17(2), 86–98. http://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/82.

Musyarrofah, S., Hanief, M., & Anggraheni, I. (2021). Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Roudlotul Athfal Muslimat NU 15, Sukun Kota Malang. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 162–167. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jd/article/view/11996/9283.

Nurasiah, & Solehuddin, M. (2021). The Role of Teachers and Parents of Online Learning in Primary School During the Covid-19 Pandemic Era. International Conference on Elementary Education, 3(November), 139–144. http://proceedings.upi.edu/index.php/icee/article/view/1455.

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah. Fitrah: Jurnal of Islamic Education, 1(1), 124–140. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/12.

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388.

Rihatno, T. (2017). Hubungan Kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal dengan Kerjasama Tim Mahasiswa Anggota Klub Olahraga Prestasi Softball Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Segar, 6(1), 44–60. https://doi.org/10.21009/segar.0601.05.

Risdoyok, & Aprison, W. (2021). Kerjasama Guru PAI dan Orang Tua dalam Menghadapi Pembelajaran selama Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Research & Learning in Education, 3(5), 2319–2335. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.819.

Suryaman, M., Cahyono, Y., Muliansyah, D., Bustani, O., Suryani, P., Fahlevi, M., Pramono, R., Purwanto, A., Purba, J. T., Munthe, A. P., Juliana, & Harimurti, S. M. (2020). COVID-19 Pandemic and Home Online Learning System: Does It Affect The Quality of Pharmacy School Learning? Systematic Reviews in Pharmacy, 11(8), 524–530. https://doi.org/10.31838/srp.2020.8.74.

Sutarto, S., Sari, D. P., & Fathurrochman, I. (2020). Teacher strategies in online learning to increase students’ interest in learning during COVID-19 pandemic. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 129–137. https://doi.org/10.29210/147800.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Wardati, L., Husna, N., Khairunisa, A., & Lubis, H. (2020). Pola Kerjasama Guru Dan Orang Tua pada Masa Pandemi Covid 19 di RA Masjid Agung Medan Polonia. AL-Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 165–183. https://doi.org/10.30596/al-ulum.v.

Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID 19. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 131–145. https://doi.org/ 10.37577/jp3m.v2i2.272.

Downloads

Published

2021-08-08

How to Cite

Nandri Pratiwi, I. A. P., & Tirtayani, L. A. (2021). Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Penerapan Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 325–333. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37936

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>