PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Ni Komang Tri Julia Agustin, I Gede Margunayasa, Ni Nyoman Kusmariyatni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) berbantuan media visual dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III semester II di SD Gugus Sriwijaya Kecamatan Pekutatan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Non equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah kelas III semester II di SD Gugus Sriwijaya Kecamatan Pekutatan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 122 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sebanyak 29 siswa kelas III SD Negeri 1 Asahduren dan 27 siswa dari kelas III SD Negeri 2 Asahduren dipilih sebagai sampel. Data skor hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan kelompok siswa yang mengikuti mpembelajaran konvensional, dengan nilai thitung sebesar 8,473 dan t tabel sebesar 2,021. Artinya, thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III semester II di SD Gugus Sriwijaya Kecamatan Pekutatan tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: hasil belajar, TPS, Media Visual


Full Text:

PDF

References


Adam, Steffi .2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam . Journal, Volume 3 No 2, ISSN 2337-8794

Ariyanto, Metta. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble . Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, Desember 2016: 134 – 140

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Irma, Ayuwanti. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2527-967X

Kurniasih, Imas dan Berlin. Cetakan Pertama 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Kata Pena.

Khaerunnisa, Andi. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa) . Jurnal Chemica Vo/. 18 Nomor 2 Desember 2017, 71 – 79

Kormiana, Ms .2017. Metode Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama . Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 1, Maret 2017

Munadi, Yudhi. Cetakan pertama 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP press Group).

Munirah. 2015 . Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19148

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19148.g11310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Journal for lesson and learning studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.