Bahan Ajar E-Modul Intaraktif Muatan IPA Materi Zat Tunggal dan Campuran

Authors

  • I Gede Novayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34315

Keywords:

E-Modul Interaktif, Validitas, IPA

Abstract

Kurangnya ketersediaan bahan ajar yang memenuhi ketersediaan materi dapat berpengaruh pada proses pembelajaran, khususnya pada muatan pembelajaran IPA. Penelitian ini  bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Interaktif Muatan IPA Sub tema 1 Tema 9 Kelas V yang teruji validitasnya. Tujuan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Interaktif yang kreatif dan inovatif dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE dan hanya memakai 3 tahap yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, dan (3) pengembangan. E-Modul Interaktif dijadikan sebagai subjek pada penelitian ini, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dari E-Modul. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah rating scale dengan penguji adalah para ahli. Data validitas media yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui skor rata-rata validitas E-Modul Interaktif. Penelitian ini menghasilkan E-Modul Interaktif Muatan IPA topik zat tunggal dan campuran yang sudah teruji validitasnya dengan skor rata-rata 4,85 untuk ahli praktisi, 4,77 untuk ahli media, dan 4,39 untuk ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif muatan IPA materi zat tunggal dan campuran yang dikembangkan dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Author Biography

I Gede Novayana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20.

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42.

Bakhri, S. (2019). Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(2), 130–144. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/intensif.v3i2.12666.

Buchori, A., & Rahmawati, N. D. (2017). Pengembangan e-modul geometri dengan pendekatan matematika realistik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 23–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i12017p023.

Dessiane, S. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(1), 21–26. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2310.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095.

Fitriyah, I., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 65. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3538.

Gusviani, E. (2016). Analisis kemunculan sikap spiritual dan sikap sosial dalam kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SD yang menggunakan KTSP dan kurikulum 2013. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 96–100. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5127.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Istikomah, Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Realisik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 63–71.

Kuncahyono, & Aini, D. F. N. (2020). Pengembangann Pedoman E-Modul Berorientasi Student Active Learning Sebagai Pendukung Pebelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 292–304. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13999.

Kurniawati, E. F. (2020). Pengimplementasian E-Modul Etnokonstruktivisme terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 10–21.

Lestarai, I. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi. AoEJ : Academy of Education Journal, 09(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v9i2.261.

Maimunah. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar, 5(1), 1–24.

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Pan, L. (2014). The impacts of education investment on skilled-unskilled wage inequality and economic development in developing countries. Economic Modelling, 39, 174–181. https://doi.org/10.1016/j.econmod.2014.02.040.

Rani, S. A., Wiyatmo, Y., & Kustanto, H. (2017). Concept attainment worksheet to enhance concept knowledge and science process skills in physics instruction. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 326–334. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10520.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-AnJurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120.

Rosmiati, U., & Lestari, P. (2021). Inovasi Model Pembelajaran PBI ( Problem Based Instruction ) Berbasis Whatsapp Sebagai Langkah Solutif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 188–197. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708 Inovasi.

Setiawan, H., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Teori,Penelitian Dan Pengembangan, 2(7), 874–882. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9602.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.

Downloads

Published

2021-06-08

How to Cite

Novayana, I. G., Margunayasa, I. G., & Renda, N. T. (2021). Bahan Ajar E-Modul Intaraktif Muatan IPA Materi Zat Tunggal dan Campuran. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34315

Issue

Section

Articles