PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA RODA PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19153Abstrak
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan media roda pecahan terhadap hasil belajar materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas IV SD Kusuma Bhakti Semarang. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Kusuma Bhakti Semarang melalui model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan media roda pecahan. Sebelumnya hasil belajar siswa masih rendah dikarenakan dalam kegiatan belajar mengajar guru belum menggunakan model pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dan dilanjut dengan mengerjakan soal pada buku sehingga siswa merasa cepat bosan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SD Kusuma Bhakti Semarang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV-B SD Kusuma Bhakti Semarang sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah keseluruhan 70 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Grup Design. Desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara rondom (R). Kelompok pertama diberi perlakuan (X) dan yang lain tidak diberi perlakuan. Kelompok yang diberi berlakuan disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol.
Kata kunci: Model Teams Games Tournament, Hasil Belajar MatematikaReferensi
Arifin, Zainal. 2010. “Evaluasi Pembelajaran”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fadhilah, Azza Riza. 2018. “Keefektifan Model Two Stay Two Stray Berbantu Media Roda Pecahan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V SD N Kopek Godong Grobogan”. Skripsi. FIP. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang.
Fathurrohman, Muhammad. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamdani. 2011. StrategiBelajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamzah, dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali.
Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Isrok’atun, dan Amelia Rosmala. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Johnson, Trevor dan Huge Neill. 2010. Swadidik MATEMATIKA. Bandung: McGraw Hill.
Murdiyani, Sari. 2016. “Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar Mengidentifikasi Jenis-Jenis Tanah Siswa Kelas V SD N 01 Bakaran Wetan Juwana”. Skripsi. FIP. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang.
Rusman. 2012a. Belajar dam Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2012b. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sudha, I Kt., Kt. Gading, Ndara Tanggu Renda. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.
Sudimahayasa, Nyoman. 2015. Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, Dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 48, Nomor 1-3, April 2015, hlm. 45-53.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)