PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19509Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping berbantuan media audiovisual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV dari 6 sekolah di SD Gugus Dewi Sartika yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 383 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simpel random sampling. Sampel yang didapatkan yaitu siswa kelas IVB SDN 7 Kesiman berjumlah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVA SDN 12 Kesiman berjumlah 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 33 butir tes yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 2,332 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 49 maka diperoleh ttabel = 2,021. Berdasarkan kriteria pengujian, thitung = 2,332 > ttabel = 2,021 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran mind mapping berbantuan media audiovisual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok eksperimen yaitu 82,67, sedangkan nilai rata-rata pada kelompok kontrol yaitu 76,63. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping berbantuan media audiovisual terhadap kompetensi pengetahuan IPA.
References
Agung, A.A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Anggreni, Ayu Sri. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Karakter terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV”. Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, Nomor 2. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/10839/6941 (diakses tanggal 10 Januari 2018).
Arikunto, Suharsimi. 2017. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Cahyo, Agus N. 2011. Berbagai Cara Latihan Otak & Daya Ingat dengan Menggunakan Ragam Media Audiovisual. Yogyakarta: Diva Press.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Echols, John M. dan Hassan Shadily. 2003. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Padma Santi, Varieta, Chadidjah H.Abdat, Ulya Makhmudah. 2017. Pengembangan Panduan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar. CONSILIUM: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, Vol 5 (2) Hal. 95-100. Tersedia Pada: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/counsilium.
Prahita, Stya. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV”. Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3811/3054 (diakses tanggal 10 Januari 2018).
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Sunarman, Agus. 2015. “Model Pembelajaran Mind Mapping Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 2 Luwus-Mekarsari”. Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3, Nomor 1.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajarandi Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Syam, Natriani, Ramlah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan Volume V Nomor 3 Hal. 184-197. Tersedia Pada: http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend.
Taniredja, Tukiran, dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)