Media Pembelajaran Kartun Animasi 2D Berorientasi Kontekstual Learning pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Komang Sugitra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45491

Keywords:

Matematika, Video Animasi, ADDIE, Kontekstual Learning.

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika yakni tidak adanya media pembelajaran yang layak untuk digunakan. Guru belum mampu untuk membuat media pembelajaran yang baik dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran video animasi berorientasi kontekstual learning pada muatan matematika operasi hitung siswa kelas II SD. Subjek penelitian terdiri dari 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain,1 ahli media dan hasil uji coba produk dari 12 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan kuisioner. Teknis analisis data menggunakan analsis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penilaian ahli isi materi pembelajaran yang memperoleh hasil review yaitu 91,66% dengan kualifikasi “sangat baik”, ahli desain pembelajaran memperoleh hasil review yaitu 85%, ahli media pembelajaran memperoleh hasil review yaitu 91,66%, uji perorangan yaitu 91% dan uji kelompok kecil yaitu 91% dengan kualifikasi sangat baik. Maka, video kartun animasi berorientasi kontekstual learning muatan matematika operasi hitung bilangan cacah layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar untuk membangun antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini diharapkan video kartun animasi ini digunakan sebagai media pembelajaran yang membantu dalam memahami materi.

References

Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15408/ajme.v2i2.17819.

Ahmet, A., Gamze, K., Rustem, M., & Karaborklu Argut, S. (2018). Is Video-Based Education an Effective Method in Surgical Education? A Systematic Review. Journal of Surgical Education, 75(5), 1150–1158. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2018.01.014.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Ardianto, D., & Rubini, Bi. (2016). Literasi Sains Dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9650.

Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Raja Frafindo Persada.

Asih, T., & Ujianti, P. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan media pembelajaran animasi powtoon pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139.

Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 270–277. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501.

Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi, 3(1), 18 – 29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136.

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229.

Dharmayanti, L. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah dasar Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 79–90. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22908.

Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914.

Fairuzabadi, A., & Prihandono, T. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan video berbasis kontekstual dalam pembelajaran IPA pada materi suhu dan pengukurannya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 100–106. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/4666.

Faot, M. M., & Amin, S. M. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa. MATHEdunesa, 9(1), 55–60. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p55-60.

Fitrianti, I., Handayani, D. E., & Yp, S. (2020). Keefektifan Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 323–329. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26677.

Garnjost, P., & Brown, S. M. (2018). Undergraduate business students’ perceptions of learning outcomes in problem based and faculty centered courses. International Journal of Management Education, 16(1), 121–130. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2017.12.004.

Gitriani, Aisah, Hendriana, & Herdiman. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1). https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48.

Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a.

Hasan, H. (2021). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model contextual teaching and learning pada era new normal. Indonesian Journal of Education Development, 1(4), 630 – 640. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560726.

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346.

Ishitsuka, K., Yamamoto-Hanada, K., Ayabe, T., Mezawa, H., Konishi, M., Saito-Abe, M., Ohya, Y., Kawamoto, T., Kishi, R., Yaegashi, N., Hashimoto, K., Mori, C., Ito, S., Yamagata, Z., Inadera, H., Kamijima, M., Nakayama, T., Iso, H., Shima, M., … Katoh, T. (2019). Risky Health Behaviors of Teenage Mothers and Infant Outcomes in the Japan Environment and Children’s Study: A Nationwide Cohort Study. Journal of Pediatric and Adolescent Gynecology, 32(2), 146–152. https://doi.org/10.1016/j.jpag.2018.10.009.

Lubis, R. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 199–205. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.

Mayang Ayu Sunami, & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129.

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775.

Netriwati, N. (2018). Penerapan Taksonomi Bloom Revisi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 347–352. .

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.

Perusso, A., & Baaken, T. (2020). Assessing the authenticity of cases, internships and problem-based learning as managerial learning experiences: Concepts, methods and lessons for practice. International Journal of Management Education, 18(3), 100425. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425.

Pratiwi, L. (2015). Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa di Sekolah Dasar. E-Prociding Universitas PGRI Semarang, 150–157.

Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220.

Putra, I. M. J. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Materi Sumber Energi Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 57–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32356.

Putri, A. I. V., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377 – 387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377.

Ramli, C. P., & Zulminiati, Z. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Di Tk Pertiwi Iv Talawi. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 117–123. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33951.

Roza, M. A. (2020). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kontekstual Pada Pelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 1(3), 87–92. https://doi.org/10.37251/jber.v1i3.108.

Saputri, A. E., & Saifuddin, M. F. (2022). Development of motion graphic animation videos on the material for compiling cladograms for class X. Bio-Inoved: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(2), 223 – 229. https://doi.org/10.20527/bino.v4i2.12814.

Semara, T. A., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu Undiksha, 26(1), 99–107. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104.

Silmi, M. ., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan RI SD Kelas V. Jpgsd, 6(4). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/23611.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585_Evaluasi_dan_Kriteria_Kualitas_Multimedia_Pembeajaran.

Suci, D. W., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2042–2049. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229.

Sukarini, K., Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Sutrisno, A. B., & Yusri, A. Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Konsep Diri, Aktivitas Belajar, Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Indonesian Journal Of Learning Education and Counseling, 3(2), 221 – 229. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.580.

Sya’bania, N., Anwar, M., & Wijaya, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 4(2), 34–44. https://doi.org/10.26858/cer.v4i2.19117.

Taqiya, Nuroso, & Reffiane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Wardhani, L. D. K., Hutomo, N. A., Moekti, B. S., & Mukti, M. U. E. (2021). Pencegahan Penyakit Toxoplasmosis Melalui Video Animasi Lagu Edukasi Pada Anak Di Desa Drajat Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Dharma Raflesia, 19(1), 33 – 40. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.13596.

Wedekaningsih, A., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(1), 21 – 26. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.73.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066.

Widiyasanti, M., Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.

Wu, T. T., & Wu, Y. T. (2020). Applying project-based learning and SCAMPER teaching strategies in engineering education to explore the influence of creativity on cognition, personal motivation, and personality traits. Thinking Skills and Creativity, 35. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100631.

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. , 4(1), . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 280–294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Sugitra, K., Wiarta, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pembelajaran Kartun Animasi 2D Berorientasi Kontekstual Learning pada Mata Pelajaran Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 96–105. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45491

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)