Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27275Keywords:
Think Talk Writing Learning Model, picture media, Indonesian knowledge competence.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model think talk write berbantuan media gambar dapat memberikan pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan percobaan yang terencana menggunakan design eksperimen semu atau non-equivalent control group design. Pada penelitian ini mengambil populasi semua siswa kelas IV SD sejumlah 368 siswa. Sampel ditentukan dengan mengacak kelas atau teknik random sampling. Sampel yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sebanyak 78 siswa. Cara mengumpulkan data kompetensi pengetahuan siswa dilakukan dengan lembar teknik test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai pretest dan posttest menggunakan uji-t. Diperoleh nilai thitung = 2,883 > ttabel=1,992 dengan dk = 76 dan taraf signfikansi 5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model think talk write berbantuan media gambar terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD.
References
Andhini, N. F. (2017). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII Mts Negeri 3 Kabupaten Tangerang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.70
Angriani, A. D., Bernard, Bernard, Nur, R., & Nurjawahirah, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write pada Peserta Didik Kelas VIII1 MTSN Model Makassar. MaPan, 4(1), 11–28. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a2
Ariasa, I. G. J., Tastra, I. D. K., & Murda, I. N. (2015). Pengaruh Model TTW Berbantuan media gambar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
Astina, & Khair, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 54–74. https://doi.org/Astina Khair, Ummul
Astuti, N., & Suminto. (2016). Pengaruh Model Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edumath, 5(2), 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.26638/je.1164.2064
Atikasari, G., & Kurniasih, A. W. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Ttw Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas Vii Materi Segitiga. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i1.7447
Azizah, S. N., & Wahyudi. (2018). Penerapan Model Think Talk Write Berbasis Tema Kebersamaan. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(November), 160–171. https://doi.org/Jurnal Inovasi Pembelajaran
Damayanti, M., Anni, C. T., & Mugiarso, H. (2018). Layanan Informasi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Sex Education Siswa. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 7(1), 37–44. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Effendy, M. H. (2017). Interferensi Gramatikal Bahasa Madura Ke Dalam Bahasa Indonesia. Interferensi Gramatikal Bahasa Madura Ke Dalam Bahasa Indonesia, 4(1), 1–19. https://doi.org/10.15408/dialektika.v4i1.6997
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Lailiyah, N., & Wulansari, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 166. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p166-173
Melasarianti, L., Krisnawati, V., & Martha, N. U. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Media Gambar Pahlawan Nusantara. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 56. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.7785
Nurjanah, S., & Poernomo, J. B. (2015). Efektivitas Model Pembalajaran Kooperatif Tipe TTW dengan TSTS terhadap Hasil Belajar Materi Teori Kinetik Gas. Ekp, 13(3), 1576–1580. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2016.6.2.1062
Pratiwi, R. S., & Muhsin. (2018). Pengaruh Tata Tertib Sekolah, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Belajar Terhadap Disiplin Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 638–653. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28281
Putra, A. D., Abdurahman, & Nursaid. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(3), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/8609-019883
Silvia Citra Linda dan Hadiyanto. (2019). Penerapan Model TTW Berbasis Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
St Wahidah Z. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 148–156. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.249
Sudarmiyati, W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 4(2), 35–41. https://doi.org/10.32505/azkiya.v4i2.1183
Sugiarti, Ln. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. . G. S. (2014). Pengaruh model pembelajaran ttw ( think talk write ) berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri tahun ajaran 2013 / 2014. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3220
Tembang, Y., Sulton, & Suharjo. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(6), 812–817.
Tri Wahyono, & Farahsani, Y. (2017). Penerapan Pendekatan Proses untuk Meningkatkan Ketremapilan Berbicara Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(Zr2011dl0 2), 57–64. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/AKSIS.010204
Trisnani, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SD Kelas V Melalui Tipe Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 92–102. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p92-102
Ulfiyani, S. (2016). Pemaksimalan Peran Guru dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah. Transformatika, 12(2), 105–113. https://doi.org/https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.31002/transformatika.v12i2.194?domain=https://jurnal.untidar.ac.id
Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153.
Yenimar. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 44. https://doi.org/10.29210/12017296
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)