Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Bahasa Indonesia

Authors

  • Devi Karuna sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27275

Keywords:

Think Talk Writing Learning Model, picture media, Indonesian knowledge competence.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model think talk write berbantuan media gambar dapat memberikan pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan percobaan yang terencana menggunakan design eksperimen semu atau non-equivalent control group design. Pada penelitian ini mengambil populasi semua siswa kelas IV SD sejumlah 368 siswa. Sampel ditentukan dengan mengacak kelas atau teknik random sampling. Sampel yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sebanyak 78 siswa. Cara mengumpulkan data kompetensi pengetahuan siswa dilakukan dengan lembar teknik test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai pretest dan posttest menggunakan uji-t. Diperoleh nilai thitung = 2,883 > ttabel=1,992 dengan dk = 76 dan taraf signfikansi 5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model think talk write berbantuan media gambar terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD.

Author Biographies

Devi Karuna sari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Nyoman Ganing, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Andhini, N. F. (2017). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII Mts Negeri 3 Kabupaten Tangerang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.70

Angriani, A. D., Bernard, Bernard, Nur, R., & Nurjawahirah, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write pada Peserta Didik Kelas VIII1 MTSN Model Makassar. MaPan, 4(1), 11–28. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a2

Ariasa, I. G. J., Tastra, I. D. K., & Murda, I. N. (2015). Pengaruh Model TTW Berbantuan media gambar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Astina, & Khair, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 54–74. https://doi.org/Astina Khair, Ummul

Astuti, N., & Suminto. (2016). Pengaruh Model Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edumath, 5(2), 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.26638/je.1164.2064

Atikasari, G., & Kurniasih, A. W. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Ttw Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas Vii Materi Segitiga. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i1.7447

Azizah, S. N., & Wahyudi. (2018). Penerapan Model Think Talk Write Berbasis Tema Kebersamaan. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(November), 160–171. https://doi.org/Jurnal Inovasi Pembelajaran

Damayanti, M., Anni, C. T., & Mugiarso, H. (2018). Layanan Informasi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Sex Education Siswa. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 7(1), 37–44. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Effendy, M. H. (2017). Interferensi Gramatikal Bahasa Madura Ke Dalam Bahasa Indonesia. Interferensi Gramatikal Bahasa Madura Ke Dalam Bahasa Indonesia, 4(1), 1–19. https://doi.org/10.15408/dialektika.v4i1.6997

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Lailiyah, N., & Wulansari, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 166. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p166-173

Melasarianti, L., Krisnawati, V., & Martha, N. U. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Media Gambar Pahlawan Nusantara. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 56. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.7785

Nurjanah, S., & Poernomo, J. B. (2015). Efektivitas Model Pembalajaran Kooperatif Tipe TTW dengan TSTS terhadap Hasil Belajar Materi Teori Kinetik Gas. Ekp, 13(3), 1576–1580. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2016.6.2.1062

Pratiwi, R. S., & Muhsin. (2018). Pengaruh Tata Tertib Sekolah, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Belajar Terhadap Disiplin Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 638–653. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28281

Putra, A. D., Abdurahman, & Nursaid. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(3), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/8609-019883

Silvia Citra Linda dan Hadiyanto. (2019). Penerapan Model TTW Berbasis Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

St Wahidah Z. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 148–156. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.249

Sudarmiyati, W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 4(2), 35–41. https://doi.org/10.32505/azkiya.v4i2.1183

Sugiarti, Ln. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. . G. S. (2014). Pengaruh model pembelajaran ttw ( think talk write ) berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri tahun ajaran 2013 / 2014. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3220

Tembang, Y., Sulton, & Suharjo. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(6), 812–817.

Tri Wahyono, & Farahsani, Y. (2017). Penerapan Pendekatan Proses untuk Meningkatkan Ketremapilan Berbicara Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(Zr2011dl0 2), 57–64. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/AKSIS.010204

Trisnani, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SD Kelas V Melalui Tipe Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 92–102. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p92-102

Ulfiyani, S. (2016). Pemaksimalan Peran Guru dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah. Transformatika, 12(2), 105–113. https://doi.org/https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.31002/transformatika.v12i2.194?domain=https://jurnal.untidar.ac.id

Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153.

Yenimar. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 44. https://doi.org/10.29210/12017296

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

sari, D. K., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 255–263. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27275

Issue

Section

Articles