Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Buku Cergam Terhadap Keterampilan Berbicara
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27281Keywords:
talking stick, media buku cergam, keterampilan berbicaraAbstract
Rendahnya keterampilan berbicara siswa disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran sehingga menyebabkan kurang terampilnya siswa dalam berbicara. Maka dari itu, dilakukan penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Talking Stick berbantuan media buku cergam terhadap keterampilan siswa kelas III SD. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalent Control Group Design. Populasinya seluruh kelas III SD sebanyak 319 siswa. Penentuan sampel dengan teknik random sampling sehingga terpilih sebanyak 93 orang. Pengumpulan data dengan non-test yaitu observasi kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t polled varians). Nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 81,154 dan kelompok kontrol adalah 64,794. Berdasarkan hasil analisis uji data pada alpha 5% (dk = 71, thitung = 5,986, dan ttabel = 1,993) dapat diinterpretasikan terdapat perbedaan keterampilan berbicara siswa antara kedua kelompok sampel. Sehingga disimpulkan bahwa model Talking Stick berbantuan media buku cergam berpengaruh terhadap keterampilan berbicara kelas III SD.
References
Adipta, H., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal PendidikanTeori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 989–992. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6337
Afnida, M., Fakhriah, & Fitriani, D. (2019). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada TK A Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Antara, I. N. P., Kristiantari, M. G. R., & Suadnyana, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. International Journal of Elementary Education., 3(4), 423–430.
Ariasa, I. G. J., Tastra, I. D. K., & Murda, I. N. (2015). Pengaruh Model TTW Berbantuan media gambar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Pt. Raja Grafindo Persada.
Asiah. (2015). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas IV Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 21–35. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1319
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578
Ayuningtiyas, V. (2013). Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Upaya Menumbuhkembangkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini Di TK Bhayangkari 17 Cimahi. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(2), 48–55. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(8), 278–285.
Effendy, M. H. (2017). Interferensi Gramatikal Bahasa Madura Ke Dalam Bahasa Indonesia. Interferensi Gramatikal Bahasa Madura Ke Dalam Bahasa Indonesia, 4(1), 1–19. https://doi.org/10.15408/dialektika.v4i1.6997
Fallis, A. . (2013). Peran Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah Dalam Pendidikan Karakter. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Farendra, M. F. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. E-Journal PGSD Jambi, 1(2), 1–12.
Gustina, H., & Pebriana, Z. (2019). Nomor 1 Tahun 2019 Halaman 12-25 JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING Research & Learning in Faculty of Education. 1.
Jayanti, Y., & Ariawan, V. A. N. (2018). Implementasi Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1442
Lisdayanti, N. P., Ardana, I. K., & Suryaabadi, I. B. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sd Gugus 4 Baturiti. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).
Mawardi, & Lusia Sari, D. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Make a Match Ditinjau dari Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA kelas 4 SD Gugus Mawar - Suruh. 5(3), 82–99.
Parmika, D. M., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pedagogik Pendidikan, 1(3), 130–136.
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111
Pranata, P. A., Sudirtha, I. G., & Wahyuni, D. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII 2. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 2(4), 536–543.
Putra, A. D., Abdurahman, & Nursaid. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(3), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/8609-019883
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Sibuea, M. S. W. B., & Syahfitri, D. (2018). Metode Tongkat Berbicara (Talking Stick) dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Menanggapi Cerita Pendek. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 2(1), 30–35. https://doi.org/10.23887/jppsh.v2i1.14007
St Wahidah Z. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 148–156. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.249
Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 298–308. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728
Widiantara, I. G., Parmiti, D. P., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Desa Penglatan. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(3), 1–10.
Wijayanti, N. N. D., Arini, N. W., & Suarni, N. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 153. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11608
Wulandari, I. A. D., Pujawan, I. gusti N., & Suarsana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(1), 44–53. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i1.19885
Yenidar. (2017). Penggunaan Metode Time Token Arends Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV. 6(2), 430–440.
Zonna, L. M. (2013). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Menumbuhkan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 1 Tirtobinangun Kabupaten Nganjuk. Journal of Petrology, 3(1), 89–99. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)