PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PENILAIAN PROYEK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKn

Authors

  • Ni Wayan Yuli Arianti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I.G.A.Agung Sri Asri Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Wiarta Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan Kompetensi Pengetahun PKn antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Penilaian proyek dengan siswa yang belajar secara konvensional di kelas IV SD Gugus VI Tegallalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus VI Tegallalang yang berjumlah 165 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan  teknik random sampling dengan pengacakan kelas yang sudah ada dengan, kemudian dilakukan pengundian untuk penentuan kelompok eksperiment dan control sehingga diperoleh kelas IV SD Negeri 2 Keliki dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 1 Keliki dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tentang kompetensi pengetahuan PKn dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif bentuk pilihan ganda biasa sebanyak 35 soal yang sudah divalidasi. Selanjutnya data dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara siswa yang dibelajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan penilaian proyek dengan siswa yang belajar secara konvensional. Rata-rata kompetensi pengetahuan PKn kelompok eksperiment dan kelompok kontrol adalah =83,02>=73,09. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan penilaian proyek  berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn siswa kelas IV SD Gugus VI Tegallalang.

References

Afriana, J., dan Fitriani, A. 2016. “Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Kreativitas Siswa Ditinjau Dari Gender”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2): 202–212.

Aris Shoimin 2014. 68 model pembeljaran inovatif dalam kurikulum 2013, Yogyakarta, Ar-ruz Medi.

Depdiknas 2013. Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas 2013. Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 Lampiran 1. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan..

Hamzah B. Uno dan Satria Koni. Assessment pembelajaran, Jakarta, Bumi Akasa, 2012.

Lindawati, F., Siska D., & Maftukhin, A. (2013). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kreativitas siswa MAN I Kebumen. Jurnal Radiasi, Vol. 3, (1). Hlm. 42-45.

Rais, M. (2010). Project based learning: inovasi pembelajaran yang berorientasi soft skills. Makalah dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya 11 Desember 2010.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Muhammad Fathurrohman 2015. Para Digma Pembelajaran Kurikulum 2013, Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan&Pengembanga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wajdi, Fathullah. 2017. Implementasi Project Based Learning (PBL) dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 17, No. 1, April 2017, Hal. 81-97.

Downloads

How to Cite

Yuli Arianti, N. W., Sri Asri, I., & Wiarta, I. W. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PENILAIAN PROYEK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 370–377. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19511

Issue

Section

Articles