Model Eliciting Activities Berbasis Kontekstual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27251Keywords:
Model Elicting Activities, MatematikaAbstract
Masih kurang maksimalnya keaktifan dan penguasaan kompetensi pengetahuan matematika, hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan matematika kelas V hanya 40% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh yang signifikan Model Eliciting Activities Berbasis Kontekstual terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan sebanyak 350 siswa kelas V SD. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel dari kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan sampel kelompok kontrol sebanyak 35 siswa. Data kompetensi pengetahuan Matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes essay berjumlah 5 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan Matematika dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 23,000. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 63 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 2,000 berarti Ho ditolak, karena thitung = 23,000 > ttabel = 2,000. Implikasi melalui model ini menjadikan pembelajaran lebih terarah dan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model eliciting activities berbasis kontekstual berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas V SD.
References
Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Penggunaan Software Cabri 3D Dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Visualisasi Spasial Matematis Siswa. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 28. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.972
Ajiegoena, A. M. (2014). Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode pemecahan masalah (sebuah penelitian tindakan). Tarbiya Journal of Education in Muslim Society, 1(6). https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007
Azhari, B., & Irfan, A. (2018). Model-Eliciting Activities Dalam Menganalisis Kreativitas Pemecahan Masalah Matematika Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Di Ptkin Aceh. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v2i1.4495
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781
Hanifah, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 191–198. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4694
Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991
Martadiputra, B. A. P. (2014). Modifikasi Meas Dengan Menggunakan Didactical Design Research Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Statistis Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 267–276. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2166
Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1399–1404. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6583
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. In OECD Publishing: Vol. III. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95
Putra, C. A., & Setiawan, M. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2958
Riski Juniarti1, N. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273
Rivaldi, K. H. O., Putra, D. K. N. S., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 128. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494
Rizwan, R. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Educatio, 2(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/12016227
Ronggowulan, L. (2018). Pembelajaran Kontekstual Learning dalam Strategi Adaptasi Masyarakat Terhadap Bencna Abrasi Pada Materi Mitigasi Bencana di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kragan. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i2.57
Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305
Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Siswa Smp. Edusains, 7(1), 97–104. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1533
Zairisma, Z., Apriliani, V., & Yunus, J. (2020). Mathematical Representation Ability of Middle School Students through Model Eliciting Activities with STAD Type. Desimal: Jurnal Matematika, 3(2), 109–116. https://doi.org/10.24042/djm.v3i2.5751
Zulkarnaen, R. (2015). Pengaruh Model Eliciting Activities Terhadap Kreativitas Matematis Pada Siswa Kelas Viii Pada Satu Sekolah Di Kab. Karawang. Infinity Journal, 4(1), 32. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.69
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)