Model Eliciting Activities Berbasis Kontekstual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika SD

Authors

  • Ni Made Junianti UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • I Wayan Wiarta UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • Komang Ngurah Wiyasa UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27251

Keywords:

Model Elicting Activities, Matematika

Abstract

Masih kurang maksimalnya keaktifan dan penguasaan kompetensi pengetahuan matematika, hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan matematika kelas V hanya 40% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh yang signifikan Model Eliciting Activities Berbasis Kontekstual terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan sebanyak 350 siswa kelas V SD. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel dari kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan sampel kelompok kontrol sebanyak 35 siswa. Data kompetensi pengetahuan Matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes essay berjumlah 5 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan Matematika dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 23,000. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 63 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 2,000 berarti Ho ditolak, karena thitung = 23,000 > ttabel = 2,000. Implikasi melalui model ini menjadikan pembelajaran lebih terarah dan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model eliciting activities berbasis kontekstual berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas V SD.

Author Biographies

Ni Made Junianti, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

pgsd

I Wayan Wiarta, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

PGSD

Komang Ngurah Wiyasa, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

PGSD

References

Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Penggunaan Software Cabri 3D Dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Visualisasi Spasial Matematis Siswa. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 28. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.972

Ajiegoena, A. M. (2014). Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode pemecahan masalah (sebuah penelitian tindakan). Tarbiya Journal of Education in Muslim Society, 1(6). https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007

Azhari, B., & Irfan, A. (2018). Model-Eliciting Activities Dalam Menganalisis Kreativitas Pemecahan Masalah Matematika Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Di Ptkin Aceh. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v2i1.4495

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781

Hanifah, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 191–198. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4694

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991

Martadiputra, B. A. P. (2014). Modifikasi Meas Dengan Menggunakan Didactical Design Research Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Statistis Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 267–276. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2166

Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1399–1404. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6583

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. In OECD Publishing: Vol. III. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95

Putra, C. A., & Setiawan, M. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2958

Riski Juniarti1, N. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273

Rivaldi, K. H. O., Putra, D. K. N. S., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 128. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494

Rizwan, R. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Educatio, 2(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/12016227

Ronggowulan, L. (2018). Pembelajaran Kontekstual Learning dalam Strategi Adaptasi Masyarakat Terhadap Bencna Abrasi Pada Materi Mitigasi Bencana di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kragan. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i2.57

Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305

Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Siswa Smp. Edusains, 7(1), 97–104. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1533

Zairisma, Z., Apriliani, V., & Yunus, J. (2020). Mathematical Representation Ability of Middle School Students through Model Eliciting Activities with STAD Type. Desimal: Jurnal Matematika, 3(2), 109–116. https://doi.org/10.24042/djm.v3i2.5751

Zulkarnaen, R. (2015). Pengaruh Model Eliciting Activities Terhadap Kreativitas Matematis Pada Siswa Kelas Viii Pada Satu Sekolah Di Kab. Karawang. Infinity Journal, 4(1), 32. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.69

Downloads

Published

2020-07-21

How to Cite

Junianti, N. M., Wiarta, I. W., & Wiyasa, K. N. (2020). Model Eliciting Activities Berbasis Kontekstual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 281–289. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27251

Issue

Section

Articles