PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Gusti Ayu Made Indah Setiawati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ngurah Japa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Probing Prompting  berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA kelas V Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian post-test only control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SD di Gugus XIV Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian adalah SD No. 3 Tukadmungga sebagai kelompok eksperimen dan SD No. 2 Tukadmungga sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dengan instrumen tes hasil belajar IPA. Analisis data dilakukan dengan uji-t menggunakan bantuan SPSS 16. Hasilnya adalah thitung 3,79 lebih besar dari ttabel 2,024. Kemudian dari hasil analisis deskriptif didapat mean kelompok eksperimen lebih besar yaitu 83,9 sedangkan mean kelompok kontrol yaitu 67,6. Dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di Gugus XIV Kecamatan Buleleng.

References

Al-idrus, S. Q. M. J., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Video Kartun Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Sikur Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pijar MIPA, 10(1).

Artawan, K. A., Gading, I. K., & Dibia, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hail Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD, 5(2) (hlm. 1-10).

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Harisanti, P. S., Sunarya, I. M. G., Kom, S., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Multimedia Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Di SMK Negeri 1 Sukasada. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063, 5(2) (hlm. 1-10).

Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1) (hlm. 32-36).

Muslich, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Malang: PT Bumi Aksara.

Putra, I. M. B. S., Garminah, N. N., & Wibawa, I. M. C. (2016). Pengaruh Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar IPS dengan Kovariabel Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1) (hlm. 1-10).

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1) (hlm. 63-70).

Riastini, dkk. 2016. Buku Ajar Pembelajaran IPA SD. Singaraja: Undiksha.

Swarjawa, I. W. E., Suarjana, M., & Garminah, N. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sebatu. MIMBAR PGSD, 1 (hlm. 1-11).

Swasono, A. H., Suyitno, A., & Susilo, B. E. (2014). Penerapan Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Lingkaran. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2) (hlm. 101-106).

Downloads

How to Cite

Setiawati, G. A. M. I., Wibawa, I. M. C., & Japa, I. G. N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 378–386. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19512

Issue

Section

Articles