PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19512Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA kelas V Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian post-test only control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SD di Gugus XIV Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian adalah SD No. 3 Tukadmungga sebagai kelompok eksperimen dan SD No. 2 Tukadmungga sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dengan instrumen tes hasil belajar IPA. Analisis data dilakukan dengan uji-t menggunakan bantuan SPSS 16. Hasilnya adalah thitung 3,79 lebih besar dari ttabel 2,024. Kemudian dari hasil analisis deskriptif didapat mean kelompok eksperimen lebih besar yaitu 83,9 sedangkan mean kelompok kontrol yaitu 67,6. Dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di Gugus XIV Kecamatan Buleleng.
References
Al-idrus, S. Q. M. J., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Video Kartun Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Sikur Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pijar MIPA, 10(1).
Artawan, K. A., Gading, I. K., & Dibia, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hail Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD, 5(2) (hlm. 1-10).
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Harisanti, P. S., Sunarya, I. M. G., Kom, S., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Multimedia Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Di SMK Negeri 1 Sukasada. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063, 5(2) (hlm. 1-10).
Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1) (hlm. 32-36).
Muslich, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Malang: PT Bumi Aksara.
Putra, I. M. B. S., Garminah, N. N., & Wibawa, I. M. C. (2016). Pengaruh Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar IPS dengan Kovariabel Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1) (hlm. 1-10).
Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1) (hlm. 63-70).
Riastini, dkk. 2016. Buku Ajar Pembelajaran IPA SD. Singaraja: Undiksha.
Swarjawa, I. W. E., Suarjana, M., & Garminah, N. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sebatu. MIMBAR PGSD, 1 (hlm. 1-11).
Swasono, A. H., Suyitno, A., & Susilo, B. E. (2014). Penerapan Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Lingkaran. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2) (hlm. 101-106).
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)