Mengenal Pecahan dengan Modul Matematika

Authors

  • Ni Nengah Sekar Wangi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38327

Keywords:

Learning media, fraction material math module, valid

Abstract

Kurangnya buku ajar untuk menyajikan pengajaran matematika yang efektif terutama pada pelajaran matematika dan belum ada pengembangan bahan ajar yang membantu siswa untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan menghasilkan modul Matematika yang sudah teruji validitasnya pada materi pecahan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli materi pembelajaran, dan 1 praktisi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode pencatatan dokumen berupa angket/kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini dinyatakan sangat valid dengan uji yang dilakukan kepada ahli media pembelajaran, materi matematika dan praktisi. Berdasarkan penilaian yang disebarkan, diperoleh hasil 93,3% dari uji ahli media pembelajaran, 92,3% uji ahli materi matematika, dan 96% uji praktisi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Modul matematika materi pecahan ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Ni Nengah Sekar Wangi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendiidkan Guru Sekolah Dasar

I Gusti Ngurah Japa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ndara Tanggu Renda, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Alfiansyah, I., & Hakiky, N. (2021). Pengembangan Modul Ajar Matematika Materi Pecahan Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(01). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/6435

Amin, S. (2019). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563–572. https://doi.org/10.30653/002.201944.238

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Bokosmaty, S., Mavilidi, M. F., & Paas, F. (2017). Making versus observing manipulations of geometric properties of triangles to learn geometry using dynamic geometry software. Computers and Education, 113, 313–326. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.06.008

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781

Erwin, V. A., & Yarmis, Y. (2019). Multimedia Interaktif Bermuatan Permainan Edukatif Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 901–908. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.183

Estuwardani, N. A., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-integratif Dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 157–172. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8620

Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Segitiga. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp147-161

Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/JRMB.V2I2.47

Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077

Hutapea, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Program Cabri 3D untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Dimensi Tiga. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.4186

Ilahiyah, N., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem Pada Materi Bilangan Pecahan di SD. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 49–63. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067

Jannah, M. M., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self-Efficacy Sedang Dan Rendah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 215–224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1892

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Muliyati, D., Herga Marizka, & Bakri, F. (2019). E-Learning Using Wordpress on Physics Materials with The 5E Learning Cycle Strategy. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 101–112. https://doi.org/10.21009/1.05205

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nurhadi, N., & Alfitry, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Pemberian Motivasi oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa. Palapa, 8(1), 29–41. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.696

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Prayitno, P., & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. Must: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171–181. http://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119

Putra, P. E., Garminah, N. N., & Japa, I. G. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sd Di Gugus 4 Kecamatan Busungbiu. MIimbar PGSD Undiksha, 2(3). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2037

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Ipa Kelas Ivc Sd Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 148. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649

Setiyani, S., Fitriyani, N., & Sagita, L. (2020). Improving student’s mathematical problem solving skills through Quizizz. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 276–288. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.10696

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964

Shavira, T., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Gravitasi Newton Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2). http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i2.1429

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 193. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Theis, R. (2013). Pengembangan Hybrid Modul Pembelajaran Pecahan Sesuai Standar Proses Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Ktsp. Jurnal Edumatica, 03(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i02.1575

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388

Widayanti, E., & Aisyah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantukan Software Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 117–128. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp117-128

Yuliana, N. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 157–165. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588

Zairisma, Z., Apriliani, V., & Yunus, J. (2020). Mathematical Representation Ability of Middle School Students through Model Eliciting Activities with STAD Type. Desimal: Jurnal Matematika, 3(2), 109–116. https://doi.org/10.24042/djm.v3i2.5751

Downloads

Published

2021-08-08

How to Cite

Wangi, N. N. S., Japa, I. G. N., & Renda, N. T. (2021). Mengenal Pecahan dengan Modul Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 246–254. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38327

Issue

Section

Articles