HUBUNGAN SIKAP PEDULI SOSIAL DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DENGAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24325Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan sikap peduli sosial dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus I Rinjani Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana, (2) hubungan sikap tanggung jawab dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus I Rinjani Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana, dan (3) hubungan sikap peduli sosial dan sikap tanggung jawab dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus I Rinjani Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus I Rinjani Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana pada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 94 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 orang dengan menggunakan studi populasi. Data terkait sikap peduli sosial dan sikap tanggung jawab dikumpulkan melalui pengisian kuesioner yang dilakukan oleh siswa yang menjadi sampel penelitian, sedangkan data tentang kompetensi pengetahuan IPS siswa diperoleh melalui pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan: (1) hubungan sikap peduli sosial dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa sebesar rx1y = 0,40 > 0,20 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan sikap peduli sosial dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa dengan kontribusi sebesar 15,20%. (2) hubungan sikap tanggung jawab dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa sebesar rx2y = 0,21 > 0,20 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan sikap tanggung jawab dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa dengan kontribusi sebesar 1,90%. (3) hubungan sikap peduli sosial dan sikap tanggung jawab dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa sebesar Ry-1,2 = 0,41 > 0,20 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama sikap peduli sosial dan sikap tanggung jawab dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa dengan kontribusi sebesar 17,10%.
Kata Kunci: Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa, Sikap Peduli Sosial, Sikap Tanggung Jawab
References
Ardila, Risma Mila, dkk. 2017. “Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajarannya di Sekolah”. Tersedia pada http: //jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11151 (diakses tanggal 10 Januari 2019).
Arsa, I Gd. Agus Sumadi, dkk. 2017. “Korelasi antara Percaya Diri dalam Belajar dengan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017”. Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm.1-9).
Endayani, Henni. 2017. Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FITK UIN SU Medan - Vol.1, No.1, Hlm. 1-19. Tersedia Pada: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/1158.
Fauzi, Achmad Ryan, dkk. 2017. “Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning”. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 27-36).
Gunawan, Rudi. Pendidikan IPS Filosifi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Revisi Kurikulum 2013 Implementasi Konsep dan Penerapan.
Laksana, Sigit Dwi. 2015. Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah. Muaddib Vol. 5 No. 1, Hlm. 167-183. Tersedia Pada: http://journal.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/download/67/61.
Lasmawan, I Wayan. 2016. Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
Mindari, Ni Kadek Mia. 2018. Korelasi Antara Sikap Peduli Sosial dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas IV SD Gugus VII Mengwi Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Undiksha Singaraja.
Rachmawati, Eka Mitra. 2012. “Hubungan antara Tanggung Jawab Siswa dalam Lingkup Pendidikan dan Persepsi Siswa Terhadap Efektivitas Mengajar Guru Matematika”. Tersedia pada http://lib.ui.ac.id/file?file=digital.pdf (diakses tanggal 18 Januari 2019).
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suyadi. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syamsuar dan Reflianto. 2018. “Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0”. Tersedia pada http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/101343/100535 (diakses tanggal 09 Januari 2019).
Tabi’in, A. 2017 “Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegatan Sosial”. Jurnal Ijtimaiyah, Volume 1, Nomor 1 (hlm.1-21).
Tayeb, Irawan M., dkk. 2014. “Hubungan antara Disiplin Diri dengan Sikap Peduli Sosial Siswa di SMPN 1 Sanggar Kab. Bima Tahun Pelajaran 2013/2014”. Tersedia pada http://lppm.ikipmataram.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/Irawan-M.Tayeb-Hubungan-Displin-Diri-Dengan-Sikap-Peduli-Sosial-BK.pdf (diakses tanggal 18 Januari 2019).
Yasmin, Faizatul Lutfia, dkk. 2016. “Hubungan Disiplin dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan, Volume 1, Nomor 4 (hlm. 692-697).
Yaumi, Muhammad. 2016. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Pranamedia Group.
Zaini, Herman. 2015. “Karakteristik Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendiidkan (KTSP)”. Jurnal Idaroh, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 15-31).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)