Efektivitas Metode Diskusi Pada Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa

Ni Putu Wina Wulandini, I Wayan Eka Wiweka, Gede Wira Bayu

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa dalam masa pandemi mengakibatkan menurunnya hasil belajar. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang tidak tepat sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi membosankan. Salah satu metode yang dapat diterapkan sebagai alternatif adalah metode diskusi.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode diskusi pada pembelajaran daring dalam meningkatkan hasil belajar IPS Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan, refleksi dan observasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD, yang berjumlah 12 orang siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 66,66% dengan nilai rata-rata 70,83. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,88% dengan nilai rata-rata 80,83. Dengan demikian metode diskusi pada pembelajaran daring efektif dalam meningkatkan hasil belajar ips siswa .


Keywords


Diskusi, Hasil Belajar, Pembelajaran Daring

References


Agustika, I. G. A. A. W., & Sastra, G. N. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD

Amalia, N. A., Listyarini, I., & Budiman, M. A. (2021). Analisis Pemahaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Bermain Peran di Kelas II. 26(1), 10–16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Anggreni, N. L. O. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat Ditingkatkan Melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 201--208. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP

Desyandri, D. (2019). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. 5(1), 43–49. https://doi.org/10.31227/osf.io/s7n59

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. 8(2), 238–251. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi “ TPS ” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. 3(3), 310–318. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD

Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 113. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359

Kelirik, N. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolaah Dasar Negeri 1 Sukadana. 16(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD

Kertiari, L. P., Bayu, G. W., & Sumantri, M. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA. 3(3), 335–347. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2

Luka, S. S. P., Candiasa, I. M., & Aryanto, K. Y. E. (2019). Analisis Pembentukan Kelompok Diskusi Panel Siswa Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means Dan K-Means. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(2), 267–277. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/download/18913/11418

Marhayani, D. A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047

Muga, W., Oje, M. S., & Laksana, D. N. L. (2018). Hasil Belajar Kognitif Siswa Sd Dalam Pembelajaran Kontekstual Media Mazi (Studi Pada Siswa Sd Kelas Tinggi). Journal of Education Technology, 2(1), 20. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13802

Ningrum, C. H., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19436

Paramita, A. A. E. P., Rati, N. W., & Sudatha, I. G. W. (2020). Model Discovery Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 175. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25353

Pramana, I. M. M., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2019). Kontribusi Kecerdasan Naturalis Dan Sikap Peduli Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Sd. Media Komunikasi FPIPS, 18(2), 97–107. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i2.22244

Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. 26(1), 138–148. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI

Rusmalasari, ni kadek eva, & Margunayasa, i gede. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa. EduMatSains, 3(3), 9–18. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dan Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719

Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29752

Sri, A., Made, S., Komang, W., & Purwa, G. (2016). Luh Putu Sri Ariyani Studi Eksplorasi tentang Pemanfaatan Filantropi dalam Pengembangan Perpustakaan Sekolah Dasar (Studi Kasus pada Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 3 dan 4 Banjar Jawa, Singaraja, Bali). 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP

Suardana, M. (2020). Efektivitas Metode Diskusi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Agama Hindu. Journal of Education Action Research, 4(2), 132–144. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24735

Sudiana, I. K., Sastrawidana, I. D. K., & Antari, N. P. S. (2018). Kendala Guru Dalam Penyelenggaraan Penilaian Sikap. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2), 69. https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i2.21169

Suparta, I. G., Wesnawa, I. G. A., & Sriartha, I. P. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa SMP Negeri 1 Kubu. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 8(1), 12. https://doi.org/10.23887/jjpg.v8i1.23206

Suryani, A., & Putra, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 246. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26799

Suryanita, N. P., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 258–269. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14282

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal Of Community Service Learning, 4(3), 171–172. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL

Taryunita, D., dan, I. J.-J. P., & 2020, undefined. (2020). Model Circuit Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD. Ejournal.Undiksha.Ac.Id, 3(3), 439–448. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/25584

Verawati, R., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Hubungan antara Minat Baca dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa. 8(3), 351–363. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v4i2.35938

Article Metrics

Abstract view : 418 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for Lesson and Learning Studies is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.sudirtha@undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref Akreditasi SINTA BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Journal for Lesson and Learning Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.