Efektivitas Metode Diskusi Pada Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa

Authors

  • Ni Putu Wina Wulandini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Eka Wiweka Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.35938

Keywords:

Diskusi, Hasil Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dalam masa pandemi mengakibatkan menurunnya hasil belajar. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang tidak tepat sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode diskusi pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPS Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan, refleksi dan observasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD, yang berjumlah 12 orang siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 66,66% dengan nilai rata-rata 70,83. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,88% dengan nilai rata-rata 80,83. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi pada pembelajaran daring efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Author Biographies

Ni Putu Wina Wulandini, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Wayan Eka Wiweka, Universitas Pendidikan Ganesha

Sd Neheri 2 Belimbing

Gede Wira Bayu, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD, Undiksha

References

Agustika, I. G. A. A. W., & Sastra, G. N. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD.

Amalia, N. A., Listyarini, I., & Budiman, M. A. (2021). Analisis Pemahaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Bermain Peran di Kelas II. 26(1), 10–16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI.

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920.

Anggreni, N. L. O. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat Ditingkatkan Melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 201--208. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP.

Desyandri, D. (2019). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. 5(1), 43–49. https://doi.org/10.31227/osf.io/s7n59.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. 8(2), 238–251. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi “ TPS ” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. 3(3), 310–318. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD.

Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 113. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359.

Kelirik, N. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolaah Dasar Negeri 1 Sukadana. 16(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD.

Kertiari, L. P., Bayu, G. W., & Sumantri, M. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA. 3(3), 335–347. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2.

Luka, S. S. P., Candiasa, I. M., & Aryanto, K. Y. E. (2019). Analisis Pembentukan Kelompok Diskusi Panel Siswa Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means Dan K-Means. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(2), 267–277. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/download/18913/11418.

Marhayani, D. A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047.

Muga, W., Oje, M. S., & Laksana, D. N. L. (2018). Hasil Belajar Kognitif Siswa Sd Dalam Pembelajaran Kontekstual Media Mazi (Studi Pada Siswa Sd Kelas Tinggi). Journal of Education Technology, 2(1), 20. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13802.

Ningrum, C. H., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19436.

Paramita, A. A. E. P., Rati, N. W., & Sudatha, I. G. W. (2020). Model Discovery Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 175. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25353.

Pramana, I. M. M., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2019). Kontribusi Kecerdasan Naturalis Dan Sikap Peduli Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Sd. Media Komunikasi FPIPS, 18(2), 97–107. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i2.22244.

Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. 26(1), 138–148. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI.

Rusmalasari, ni kadek eva, & Margunayasa, i gede. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa. EduMatSains, 3(3), 9–18. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2.

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dan Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719.

Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29752.

Sri, A., Made, S., Komang, W., & Purwa, G. (2016). Luh Putu Sri Ariyani Studi Eksplorasi tentang Pemanfaatan Filantropi dalam Pengembangan Perpustakaan Sekolah Dasar (Studi Kasus pada Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 3 dan 4 Banjar Jawa, Singaraja, Bali). 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP.

Suardana, M. (2020). Efektivitas Metode Diskusi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Agama Hindu. Journal of Education Action Research, 4(2), 132–144. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24735.

Sudiana, I. K., Sastrawidana, I. D. K., & Antari, N. P. S. (2018). Kendala Guru Dalam Penyelenggaraan Penilaian Sikap. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2), 69. https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i2.21169.

Suparta, I. G., Wesnawa, I. G. A., & Sriartha, I. P. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa SMP Negeri 1 Kubu. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 8(1), 12. https://doi.org/10.23887/jjpg.v8i1.23206.

Suryani, A., & Putra, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 246. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26799.

Suryanita, N. P., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 258–269. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14282.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal Of Community Service Learning, 4(3), 171–172. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL.

Taryunita, D., dan, I. J.-J. P., & 2020, undefined. (2020). Model Circuit Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD. Ejournal.Undiksha.Ac.Id, 3(3), 439–448. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/25584.

Verawati, R., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Hubungan antara Minat Baca dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa. 8(3), 351–363. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD.

Downloads

Published

2021-07-07

How to Cite

Wulandini, N. P. W., Wiweka, I. W. E., & Bayu, G. W. (2021). Efektivitas Metode Diskusi Pada Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 143–149. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.35938

Issue

Section

Articles