KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA DAKOTA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI FPB DAN KPK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17323Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning dengan media DAKOTA terhadap hasil belajar materi FPB dan KPK siswa kelas IV SD Negeri Banyubiru 01 Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen jenis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV SD Negeri Banyubiru 01 Kabupaten Semarang berjumlah 39 siswa tahun ajaran 2018/2019. Intrumen yang digunakan adalah (1) wawancara untuk mendapatkan informasi tentang kondisi awal siswa serta materi yang akan diajarkan. (2) Dokumentasi mendapatkan dokumen sekolah mengenai nama siswa, jumlah siswa, dan data-data yang diperlukan dalam penelitian daftar nilai, daftar nama siswa dan dokumen pelaksanaan kegiatan pembelajaran selama penelitian. (3) tes untuk mengukur ini untuk mengukur hasil belajar siswa aspek kognitif. Analisis Data menggunakan Teknis analisis data peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji Homogenitas Untuk menguji homogenitas varians dari dua kelompok data Uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan media DAKOTA efektif terhadap hasil belajar materi FPB dan KPK kelas IV SDN Banyubiru 01 Kabupaten Semarang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil postest lebih tinggi dari pada pretest selain itu diperkuat dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung untuk hasil belajar sebesar 14,999 dan dan ttabel sebesar 1,684 karena thitung (14,999) > ttabel (1,684) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t hasil belajar signifikan.
Kata Kunci : Problem Based Learning, DAKOTA, Hasil Belajar, MatematikaReferences
Agustin, Rindu rahayu. 2016. “Media Pemahaman Konsep KPK dan FPB Bagi siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berdasarkan Analisis Permainan Congklak”. http://repository.upi.edu/22590/. Diakses pada tanggal 13 Oktober 2018 pukul 12:47 AM.
Andesta, Lia. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas IV Min 11 Bandar Lampung”.
http://repository.radenintan.ac.id/2531/1/skripsi__lengkap_lia.pdf.
Di akses pada tanggal 20 oktober 2018 pukul 12:34 AM.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Aqib, Zaenal. 2009. Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya
Daryanto.2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta : GAVA MEDIA.
Fathani, Abdul Halim. 2009. Matematika Hakikat & Logika. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Hidayat,Asep. 2016. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakon Matematika (DAKOTA) terhadap Hasil Belajar Matematika siswa”. http://eprints.uny.ac.id/7412/1/p-52.pdf. Diakses pada tanggal 13 Juni 2018 pukul 12:44 AM.
Juanda, Rahmad. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus Wijayakusuma Ngaliyan Semarang”. http://lib.unnes.ac.id/30036/1/1401413624.pdf. Di akses pada tanggal 13 Juni 2018 pukul 12:47 AM
Nuraaini, Fivi.2017. “Penggunaan Model Problem Based Learning(PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belalajar IPA Siswa Kelas 5 SD”. e-jurnal Mitra Pendidikan. 1(4): 371-372Runtukahu, J.Tombokan dan Selpius Kandou. 2016. Pembelajan Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik . Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sari, Anggun Puspita. 2018. “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Media Tangram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 01 Undaan Kidul Kudus”. http://library.upgris.ac.id/filedoc/fulltext/tzblv54429ANGGUN%20PUSPITA%20SARI%2014120287_SKRIPSI.pdf. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2018 pukul 12:44 AM.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Soegeng.2006. Dasar-Dasar Penelitian. Semarang : IKIP PGRI PRESS.
_______.2018.Filsafat Pendidikan. Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.
Sudjana.2005.Metode Statistika. Bandung : PT. Tarsito Bandung.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)