Lembar Kerja Praktikum Materi Sistem Pencernaan Menggunakan Diagram Vee
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40368Keywords:
Lembar Kerja Praktikum, Diagram Vee, Sistem PencernaanAbstract
Lembar Kerja Praktikum (LKP) merupakan panduan yang diberikan guru kepada peserta didik yang berisi petunjuk atau langkah-langkah pada saat melakukan kegiatan praktikum. LKP sangat berpengaruh dalam proses pengalaman dan pemahaman peserta didik dari suatu percobaan. Oleh sebab itu, LKP yang digunakan peserta didik hendaknya dirancang dan disusun dengan baik agar dapat mengkonstruksi pengetahuan peserta didik. Namun kenyataannya, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan praktikum. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelengkapan dan kualitas LKP yang digunakan berdasarkan komponen diagram Vee. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan sampel penelitian berjumlah 6 LKP materi sistem pencernaan yang diambil dari 12 SMA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar analisis keberadaan komponen diagram Vee dan lembar analisis penilaian kualitas LKP menggunakan penskoran komponen diagram Vee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan rata-rata perolehan skor komponen diagram Vee dari semua LKP yaitu 40,83% yang berarti kualitas LKP materi sistem pencernaan yang digunakan tergolong kurang baik. Sehingga perlu dilakukannya rekonstruksi dan uji coba terhadap LKP tersebut agar kegiatan praktikum menjadi lebih terstruktur dan tujuan kegiatan praktikum dapat tercapai dengan baik.
References
Afiyatusyifa, F., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Lembar Kerja Peserta didik Praktikum Fotosintesis dengan Uji SACHS. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3). https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9623. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9623
Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., Rayana, A., & Probowati, A. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Xi Ipa Sma Pada Praktikum Biologi. EDUSAINS, 13(1). https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015
Amida, N., Supriyanti, F. M. T., & Liliasari. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Kinetika Enzim Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.10-14. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.10-14
Amique, I. N., Jumaeri, J., Sumarni, W., & Susilaningsih, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Inovatif Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Chemistry in Education, 9(2), 77–83.
Angreani, A., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis, Uji Coba dan Rekontruksi Kegiatan Praktikum Melalui Lembar Kerja Peserta Didik Struktur dan Fungsi Sel. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3). https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9467. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9467
Annisa, F., & Fuadiyah, S. (2021). Lembar Kerja Praktikum (LKP) Materi Sistem Sirkulasi Berbasis Diagram Vee. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3). DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38588
Chaidir, D. M., Redjeki, S., Hindriani, A. F., Suprapto, P. K., & Badriah, L. (2018). Analisis Kecerdasan Ekologis Mahasis wa Calon Guru Biologi Melalui Model Pemb elajaran Berbasis Masalah d engan Bantuan Diagram Vee. BIOSFER: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.23969/biosfer.v3i2.1244. DOI: https://doi.org/10.23969/biosfer.v3i2.1244
Chairam, S., & Klahan., N. (2015). Exploring Secondary Students’ Understanding of ChemicalKinetics through Inquiry-Based Learning Activities. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(5), 93 7-956. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1365a. DOI: https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1365a
Devi Deratama, Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Komponen Penyusun Lembar Kerja Siswa Biologi SMA Pada Praktikum Uji Enzim Katalase. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3). https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9513. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9513
Dewi, M. P., & Firman, F. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik Kelas IV SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 170–176. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.41. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.41
Ekselsa, R. A., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Rekonstruksi dan Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik pada Materi Plantae Submateri Spermatophyta dengan Pendekatan Keterampilan Proses. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 507–518. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9505. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9505
Frima, F. H., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Lembar Kerja Peserta didik Praktikum Biologi SMA pada Materi Uji Kandungan Zat Makanan. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 570–583. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9456. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9456
Handayani. (2020). Efektivitas Pembelajaran Vee Diagram Dalam Meminimalisir Kesalahan Pada Perancangan Eksperimen. Jurnal Mangifera Edu, 4(2), 94-10 6. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.65. DOI: https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.65
Handayanie, Y., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Lembar Kerja Siswa Praktikum Struktur Darah berbasis Diagram Vee ( Analysis of Blood Structure Student ’ s Practical Worksheet based on Diagram Vee ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(03), 361–371. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408
Hapsari, I. S., Karyanto, P., & Sunarno, W. (2019). Penggunaan Diagram Vee untuk Menganalisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. In Seminar Nasional Pendidikan Sains: Universitas Sebelas Maret, Surakarta (pp. 50–54).
Hindriana, A. F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Berbasis Diagram Vee Guna Memfasilitasi Kegiatan Laboratorium Secara Bermakna. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(1), 62–68. https://doi.org/10.25134/quagga.v12il.2331. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2331
Huzaifah, S., Madang, K., & Zen, D. (2017). “Penerapan Diagram Vee untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. Retrieved from http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/724.
Istawa, R., Supriatno, B., & Anggraini, S. (2020). An Analysis of the Quality of Bone Structure Student Worksheets Bassed on the Vee Diagram. . Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 434–441. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500
Makaborang, Y. (2019). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 130–145. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145
Nurmaningsih, N., & Wijaya, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKS) Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum Dan Efektivitasnya Terhadap Peraihan Konsep Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama NTB. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1592. DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1592
Parahita, A., Susilaningsih, E., & Supartono, S. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Peserta didik Terintegrasi Guided Inquiry untuk Analisis Keterampilan Laboratorium. Chemistry in Education, 7(1), 24–31.
Rahmania, S., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2021). Desain Kegiatan Laboratorium: Pendekatan Diagram Vee pada Materi Struktur Darah (Laboratory. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(02), 179–195. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12997. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12997
Ramadayanti, Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 200–213. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441.
Ramadhayanti, R., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee. Biodik, 6(2), 95–108. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441
Ridwan, I., Anggraeni, S., & Supriyatno, B. (2020). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Pada Praktikum Uji Urin. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 319-327. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9462. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9462
Saputra, W. D., & Kurniawati, Y. (2021). Desain Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Praktikum Pengenalan Alat Laboratorium Kimia Sekolah Menengah Atas. Journal of Natural Science and Integration, 4(2). https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.12068. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.12068
Suda Risman, S. (2018). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. ,. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29 –35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1. 403. DOI: https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403
Sulistyanto, H., & Nugroho, A. (2015). Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Organ Pada Manusia Berbasis Web. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi) 2015, 35–38.
Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Peserta didik SMP Peserta didik Kelas VII Semester Genap. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2), 13–27. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/190.
Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Kusmastuti, M. N. (2018). The Analysis of Cognitive Structure and Level on Design of Laboratory Activities of Photosynthesis Concept. Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 70–76. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050
Wicaksono, A. T., Subandi, & Marfu’ah, S. (2018). Comparing Lab-Work Learning Assisted with Vee Diagram and Lecturing-Demonstration in Improving Students Learning Motivation and Outcomes on Buffer Solution Topic. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1). https://doi.org/10.17977/jps.v6i1.11533.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Novita Sari, Sa'diatul Fuadiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)