KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA

Penulis

  • Nofiana Ulfa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas PGRI Semarang
  • Zainal Arifin Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas PGRI Semarang
  • Arfilia Wijayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19155

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa kelas IV SD Islam Al-Fattah Semarang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif Penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang variatif menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana dilihat dari rata-rata nilai kelas IV SD Islam Al-Fattah Semarang materi menulis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 63, hasil ulangan harian menulis karangan sederhana siswa dengan presentase ketuntasan 30,8%. Sedangkan untuk KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Islam Al-Fattah Semarang yaitu 70. Hasil penelitian keefektifan tersebut dibuktikan dengan lebih tinggi perolehan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 76, sedangkan rata-rata hasil pretest sebesar 56 dengan presentase kenaikan belajar siswa sebesar 16,61%.

Kata kunci: Menulis, Picture and Picture, Gambar Seri

Referensi

Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fathurrohman dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Fauziah, Tati. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Materi Peninggalan Sejarah Di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh . JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala Vol. 2 No.3, Oktober 2014, hal 79-87 ISSN: 2337-9227

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran) . Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012

Muharipin. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri Kelas III. Jurnalistrendi online vol. 2 (2). Diunduh pada 19 September 2018.

Ramadhani, Renni. 2017. Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan e-ISSN: 2549-5976 p-ISSN: 2549-435X

Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Palupi, Dini. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital . urnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 1, 2018 STAIN Curup – Bengkulu| p ISSN 2580-362X; e ISSN 2580-3611

Cara Mengutip

Ulfa, N., Arifin, Z., & Wijayanti, A. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 267–275. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19155

Terbitan

Bagian

Articles