KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II SDN REJOSARI 03 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24266Abstrak
Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SDN Rejosari 03 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain penelitian yaitu One-Grup Pretest-Posttest design. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan rata-rata skor yang diperoleh saat pretest mencapai 62,86 dan posttest mencapai 85,36. Berdasarkan hasil pada uji t diperoleh harga thitung>ttabel yaitu 10,127 > 1,703, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Think Talk Write (TTW) dengan Media Puzzle Efektif Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelas II SDN Rejosari 03 Semarang.
Kata Kunci: Keefektifan, Model Pembelajaran, TTW, Think Talk Write, Kemampuan membaca permulaan.
Referensi
Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta : RajaGrafindo Persada
Dahar, Ratna Wills. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Depdiknas . (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas
Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan
Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
____________ (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan
Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hidayat, Rudi. Huda, Choirul. Mushafanah, Qoriati. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS SD Negeri Kutosari 02 Batang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran.
Malang: Pustaka Pelajar.
Mardika, I Putu. Parmiti, Desak Putu. Tirka, I Wayan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2.
Murtiningrum, Weni. Untari, Mei Fita Asri. Tsalatsa, Ahmad Nashir. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 3, Number.
Nara, Hartini & Siregar Eveline. (2010). Teori Dan Pembelajaran.
Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rahim, Farida. (2007). Dasar Pengajaran membaca di Sekolah. Jakarta: Bumi
Aksara.
____________ (2011). Dasar Pengajaran membaca di Sekolah. Jakarta: Bumi
Aksara.
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Sitoresmi, Wimbo Sirating. Untari, Mei Fita Asri. Budiman, Muhammad Arief. (2019). Keefektifan Model Pair Checks Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal PGSD. Vol 12. No 1.
Sudharto, Tri Suyati, dkk. (2013). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Sudjana, Nana & Ahmad Rival. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiantari, Gusti Ayu Putu. Sedanayasa, Gede. Widiana, I Wayan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperativ learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Group.
Wiyati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Volume 7.
Yamin, Martinis dan Ansari, Bansu I. (2008). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press.
____________ (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)