Aplikasi Cabri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Ruang

Penulis

  • Kadek Mony Novenda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27250

Kata Kunci:

Aplikasi Cabri, Kompetensi Pengetahuan Matematika, Bangun Ruang

Abstrak

Penurunan minat belajar siswa sangat mempengaruhi fokus siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas, hal ini disebabkan karena suasana belajar yang monoton, tidak menyenangkan dan media yang digunakan tidak bervariasi. Maka dari itu, penelitian ini dirancang untuk menarik perhatian siswa, yaitu menggunakan Aplikasi Cabri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Aplikasi Cabri terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol. Pengumpulan data untuk kompetensi pengetahuan Matematika menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 30 soal yang sudah diujikan instrumen dengan validitas, uji daya beda, indeks kesukaran, dan juga reliabilitas. Hasil perolehan data kemudian dianalisis dengan uji-t polled varians. Perolehan dari analisis data yaitu thitung = 6,914 > ttabel = 1,988 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 85, jadi, H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan alat peraga Aplikasi Cabri dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan alat peraga Aplikasi Cabri. Jika dilihat dari nilai rata-rata (means) kompetensi pengetahuan Matematika kelompok eksperimen  = 68,49 lebih besar dari kelompok kontrol = 55,89. Simpulan dari hal tersebut adalah aplikasi Cabri berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V sekolah dasar.

Biografi Penulis

Kadek Mony Novenda, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Referensi

Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Penggunaan Software Cabri 3D Dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Visualisasi Spasial Matematis Siswa. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 28. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.972

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Awaludin, A. A. R., Hartuti, P. M., & Rahadyan, A. (2019). Aplikasi Cabri 3D Berbantu Camtasia Studio untuk Pembelajaran Matematika di SMP. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 68. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2872

Bokosmaty, S., Mavilidi, M. F., & Paas, F. (2017). Making versus observing manipulations of geometric properties of triangles to learn geometry using dynamic geometry software. Computers and Education, 113, 313–326. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.06.008

Dewi, A. E. A., & Mukminan, M. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Ips Di Middle Grade SD Tumbuh 3 Kota Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 20. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7691

Dwipayanti, N. M. A., Sudhita, I. W. R., & Parmiti, D. P. (2013). Pengaruh model pembelajaran ADDIE berbantuan media konkret terhadap hasil belajar ipa siswa kelas V SD Negeri 1 Pangkungparuk. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/836/709

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70

Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1611

Jannah, M. M., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self-Efficacy Sedang Dan Rendah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 215–224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1892

Kadir, K., Mulyati, S., Chandra, T. D., & Malang, M. U. N. (2018). Penerapan Langkah-langkah Pembelajaran Van Hiele Berbantuan Media Manipulatif sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Segiempat Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 134–145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10434

Kösa, T., & Karakuş, F. (2010). Using dynamic geometry software Cabri 3D for teaching analytic geometry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1385–1389. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.204

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898

Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas III. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 3(12), 1587–1593. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11799

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica, 6(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2994

Rahmatika, D. F., & Ratnasari, N. (2018). Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 385–393. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061

Sokheh, M., Wahjoedi, W., & Suwiwa, I. G. (2017). Pengembangan media video pembelajaran dengan model addie materi passing bola basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 8(2).

Suarjana, I. M., Nanci Riastini, N. P., & Yudha Pustika, I. G. N. (2017). Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media konkret untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 103. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Widayanti, E., & Aisyah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantukan Software Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 117–128. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp117-128

Widiana, I. N. A., Murda, I. N., & Margunayasa, I. G. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 1 dengan bantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA kelas V di SD gugus XIV, kecamatana Buleleng tahun pelajaran 2014/2015. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5675

Diterbitkan

2020-07-21

Cara Mengutip

Novenda, K. M., & Agustika, G. N. S. (2020). Aplikasi Cabri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 264–271. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27250

Terbitan

Bagian

Articles