Pengaruh Suasana Toko dan Harga Terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Alfamart di Seririt

Authors

  • Debby Cintya Dewi Putri Inggas .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, S.E., M .
  • I Nengah Suarmanayasa, S.E., M.Si. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) suasana toko dan harga secara simultan terhadap pembelian impulsif, (2) suasana toko dan harga secara parsial terhadap pembelian impulsif pada konsumen Alfamart di Seririt. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen dari Alfamart Seririt, sampel diambil sebanyak 90 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan antara suasana toko dan harga secara simultan terhadap pembelian impulsif dengan sumbangan pengaruh sebesar 27,2%, (2) ada pengaruh positif dan signifikan dari suasana toko terhadap pembelian impulsif dengan sumbangan pengaruh sebesar 9,4%, (3) ada pengaruh positif dan signifikan dari harga terhadap pembelian impulsif dengan sumbangan pengaruh sebesar 24,4% pada konsumen Alfamart di Seririt.
Kata Kunci : harga, pembelian impulsif dan suasana toko

The purpose of this research is to find out the effect of (1) Store atmosphere and price simultaneously towards impulse buying and (2) store atmosphere and price partially toward impulse buying.The research design of this study is causal research. The population of this study is all of the customer Alfamart in Seririt, 90 sample were taken. The data were collected by using questioner, then analyzed by using multiple linier regression. This research shows that (1) Store atmosphere and price simultaneously significant effect towards impulse buying with influence contribution is 27,2% (2) store atmosphere had positive and significant towards impulse buying with Influence contribution is 9,4%, (3) price had positive and significant towards impulse buying with Influence contribution is 24,4 % on Alfamart customers in Seririt.
keyword : impulse buying, price and store atmosphere

Published

2018-02-22

How to Cite

., D. C. D. P. I., ., N. L. W. S. T. S. M., & ., I. N. S. S. M. (2018). Pengaruh Suasana Toko dan Harga Terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Alfamart di Seririt. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/13409

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>