PENGARUH PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN SERTA UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • KOMANG SRI AYU RIKA JULIANI .
  • Drs. Wayan Cipta, M.M. .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan yang teruji tentang pengaruh secara simultan dan parsial dari profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Subjek dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jumlah populasi adalah 15 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan sumbangan pengaruh sebesar 88,7%. Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan sumbangan pengaruh sebesar 88,7%, pertumbuhan penjualan secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan sumbangan pengaruh sebesar 15,1%, dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dengan sumbangan pengaruh sebesar 0,8%.
Kata Kunci : nilai perusahaan, pertumbuhan penjualan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan

This research aims at finding tested findings about simultaneous and partial influence of profitability, sales growth, and firm size to firm value. The research was a causal quantitative research. The data was collected by documentation technique, and it was analyzed by multiple linier regression analysis. Subjects in this study were sub sector food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The population was 15 different companies. The results showed that profitability, sales growth, and firm size had simultaneously significant effect to firm value with contribution influence up to 88,7%. Partially profitability had positive significant influence to firm value with contribution influence 88,7%, partial sales growth had a negative significant effect on the value of the company with the contribution of influence 15,1%, and the size of the company was partially negative but insignificant to the value of the company with the contribution of influence 0,8%.
keyword : firm value, firm size, profitability, sales growth.

Published

2018-02-22

How to Cite

., K. S. A. R. J., ., D. W. C. M., & ., N. N. Y. S. M. . (2018). PENGARUH PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN SERTA UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/13420

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>