Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Makanan melalui Grabfood

Authors

  • KADEK PUTRI .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .
  • Dr. I Nengah Suarmanayasa, S.E., M.Si. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari gaya hidup dan kelompok referensi baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian makanan melalui Grabfood pada mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik proportional sampling dan accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Gaya hidup dan kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian makanan melalui Grabfood. (2) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian amakanan melalui Grabfood. (3) Kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian makanan melalui Grabfood.
Kata Kunci : Gaya hidup, kelompok referensi, keputusan pembelian

This study aimed to examine the influence of lifestyle and reference groups both simultaneously and partially on food purchase decisions through Grabfood on students of the Faculty of Economics, Ganesha University of Education. The research design used is causal quantitative research. Determination of the sample in this study used proportional sampling and accidental sampling techniques. The number of samples used were 100 respondents. The instrument used in data collection was a questionnaire and the data analysis technique used was multiple linear regression analysis. The results of this study are: (1) Lifestyle and reference groups have a significant effect on food purchasing decisions through Grabfood. (2) Lifestyle has a positive and significant effect on food purchase decisions through Grabfood. (3) The reference group has a positive and significant effect on food purchase decisions through Grabfood.
keyword : lifestyle, reference groups, purchasing decisions

Published

2020-02-21

How to Cite

., K. P., ., N. N. Y. S. M., & ., D. I. N. S. S. M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Makanan melalui Grabfood. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/23580

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>