PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MAHA SURYA MOTOR III DI BULELENG

Authors

  • SHARAH HANIF H .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .
  • Dra.Ni Made Suci,M.Si .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari dimensi experiential marketing yaitu sense, feel, think, act dan relate terhadap loyalitas pelanggan pada Maha Surya Motor III di Buleleng. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan Maha Surya Motor III dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif kausal dengan analisis statistik inferensial parametris. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa experiential marketing yang terdiri dari sense, feel, think, act dan relate berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sebesar 34,7%. Pada penelitian ini sense merupakan variabel yang sumbangan pengaruhnya paling besar terhadap loyalitas pelanggan. Serta dimensi dari experiential marketing yaitu sense dan act juga berbengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan feel, think dan relate berbengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : act, feel, loyalitas pelanggan, think, relate, sense

This research is purposed to know how big is the influence dimensions of experiential marketing is sense, feel, think, act and relate of costumer's loyalty in Maha Surya Motor III, Buleleng. Samples of this research is costumers of Maha Surya Motor III which is used purposive sampling method. Collecting data method in this research is questioner. This research is causal quantitative associative research with inferential statistics parametric analysis. The result of this research shows that experiential marketing consists of sense, feel, think, act and relate, had influence to the customer's loyalty as much 34,7%. In this research, sense was the biggest influence donation on customer's loyalty. Including dimension of experiential marketing, sense and act also have positive significant influence on customer's royalty where as feel, think and relate has insignificant positive influence on customer's royalty.
keyword : act, feel, customer's royalty, think, relate, sense

Published

2018-02-26

How to Cite

., S. H. H., ., N. N. Y. S. M. ., & ., D. M. S. (2018). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MAHA SURYA MOTOR III DI BULELENG. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/13537

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>