FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN ONLINE PADA SITUS BUKALAPAK.COM

Authors

  • GEDE WISWA WIBAWA .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, S.E., M .
  • I Nengah Suarmanayasa, S.E., M.Si. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam melakukan pembelian online pada situs Bukalapak.com, dan (2) faktor yang paling dominan terhadap keputusan pembelian online pada situs Bukalapak.com. Penelitian ini merupakan penelitian sampel dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden dengan teknik yang digunakan yaitu purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 12 variabel yang diuji, menghasilkan 11 variabel yang membentuk 4 faktor baru. Faktor-faktor tersebut yaitu, ketersediaan produk, kepercayaan, varian produk, dan keamanan. Keempat faktor tersebut memiliki total percentage of varience 61,147% sehingga mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian online pada situs Bukalapak.com dan sisanya 38,853% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian online adalah faktor ketersediaan produk dengan variance explained sebesar 24,470% yang meliputi ketersediaan produk dengan nilai varimax rotation yaitu sebesar 0,832.
Kata Kunci : keputusan pembelian, ketersediaan produk, kepercayaan, variasi produk, keamanan

This research aims to determine (1) factors considered by consumers in making online purchases on Bukalapak.com site, and (2) the most dominant factor of online buying decision on Bukalapak.com site. This research is a sample research with a total sample of 120 respondents with the technique used is purposive sampling. This type of research is quantitative by using survey method. The results showed that of the 12 variables tested, yielded 11 variables that form 4 new factors. These factors are, product availability, trust, product variant, and security. Four factors have a total percentage of varience of 61.147% so as to explain the effect on consumer decisions in making online purchases on Bukalapak.com site and the remaining 38.853% influenced by other factors. The most dominant factor of online buying decision is product availability factor with variance explained equal to 24,470% covering product availability with value of varimax rotation that is equal to 0,832.
keyword : buying decision, product availability, trust, product variant, security

Published

2018-02-26

How to Cite

., G. W. W., ., N. L. W. S. T. S. M., & ., I. N. S. S. M. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN ONLINE PADA SITUS BUKALAPAK.COM. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/13578

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>