PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA NIRMALA AESTHETIC SKIN CENTRE SINGARAJA

Authors

  • MARIA RAY TIFFANY .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, S.E., M .
  • I Nengah Suarmanayasa, S.E., M.Si. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, baik secara simultan maupun secara parsial. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah pelanggan Nirmala Aesthetic Skin Centre Singaraja, dan objeknya adalah experiential marketing, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner, dan dianalisis dengan analisis jalur (path analyz). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) experiential marketing dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 93,5%, (2) experiential marketing berpengaruh seacara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 57,7%, (3) experiential marketing berpengaruh seacara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 25,6%, dan (4) kepuasan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 89,3%.
Kata Kunci : experiential marketing, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan

This research was aiming to find the influence of experiential marketing and customer satisfaction on customer loyalty, both simultaneous and partially. The design of this research was causal quantitative research. The subject of this research was Nirmala Aesthetic Skin Center Singaraja customer. Data collection method used was questionnaire method, and analyzed by path analysis. The result shows that (1) experiential marketing and customer satisfaction have significant influence to customer loyalty equal to 93,5%; (2) experiential marketing has positive and significant effect on customer satisfaction 57,7% (3) experiential marketing has positive and significant effect on customer loyalty equal to 25,6%, and (4) customer satisfaction has positive and significant influence to customer loyalty equal to 89,3%.
keyword : experiential marketing, customer loyalty, customer satisfaction

Published

2018-07-26

How to Cite

., M. R. T., ., N. L. W. S. T. S. M., & ., I. N. S. S. M. (2018). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA NIRMALA AESTHETIC SKIN CENTRE SINGARAJA. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/15099

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>