PREDIKSI KEBANGKRUTAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA DI KABUPATEN JEMBRANA

Authors

  • PUTU AGUS PRANATA .
  • Dra.Ni Made Suci,M.Si .
  • I Nengah Suarmanayasa, S.E., M.Si. .

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis kebangkrutan dengan menggunakan Model Altman pada Lembaga Perkreditan Desa di Kabupaten Jembrana. Subjek dalam penelitian ini adalah Lembaga Perkreditan Desa di Kabupaten Jembrana dan objek penelitian ini adalah laporan keuangan Lembaga Perkreditan Desa di Kabupaten Jembrana tahun 2016-2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada 61 LPD yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2016 terdapat 13 LPD di prediksi tidak bangkrut, 38 LPD diprediksi grey area, dan 10 LPD diprediksi bangkrut. Pada tahun 2017 terdapat 17 LPD di prediksi dalam keadaan tidak bangkrut, 34 LPD diprediksi grey area, dan 10 LPD diprediksi bangkrut. Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan beberapa model analisis sebagai bahan perbandingan agar analisis yang dilakukan benar-benar akurat karena setiap model analisis memiliki kelemahan dan kelebihan, dan dalam penggunaan analisis ini sebaiknya menggunakan data hasil forces.
Kata Kunci : Model Altman, Prediksi Kebangkrutan, Laporan Keuangan.

The purpose of this study was to test and analyze bankruptcy using the Altman model on lembaga perkreditan desa's in Jembrana District. The subject of this study was LPD in Jembrana Regency and the object of this study was LPD financial reports in Jembrana District in 2016-2017. This study was conducted at 61 LPD which was determined using a purposive sampling..The results of this study show that in 2016 there were 13 LPD predicted not to go bankrupt, 38 LPD in the gray area condition, and 10 LPD in a bankrupt condition.in 2017 there are 17 LPD predicted not to go bankrupt, 34 LPD in the gray area condition, and 10 LPD in a bankrupt condition. For the next researcher, it is better to use several analysis models as a comparison material so that the analysis carried out is truly accurate because each analysis model has weaknesses and strengths, and in the use of this analysis, it is better to use data from forces.
keyword : Altman model, Bankruptcy, Financial statements

Published

2019-02-27

How to Cite

., P. A. P., ., D. M. S., & ., I. N. S. S. M. (2019). PREDIKSI KEBANGKRUTAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA DI KABUPATEN JEMBRANA. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/16949

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>