PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MINYAK PAK OLES TOKCER KONTER SINGARAJA

Authors

  • Sukasih Restiani .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, S.E., M .
  • Drs. Wayan Cipta, M.M. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) Kepercayaan merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, (2) Kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan, (3) Kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah Konsumen Minyak Pak Oles Tokcer Konter Singaraja dan objeknya adalah kepercayaan merek, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan skala likert. Data dikumpulkan dengan kuesioner, serta dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan dari kepercayaan merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, (2) ada pengaruh positif signifikan dari kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan, (3) ada pengaruh positif signifikan dari kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan terhadap Minyak Pak Oles Tokcer Konter Singaraja.
Kata Kunci : kepercayaan merek, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan

The reseach is purpose to know about effect of, (1) brand trust and customers’ satisfaction on customers’ loyalty, (2) brand trust on customers’ loyalty, (3) customers’ satisfaction on customers’ loyalty. This study used quantitative casual research design. The subject of the study was the customers of Minyak Pak Oles Konter Singaraja and the object of the study were brand trust, customers’ satisfaction, and customers’ loyalty. The data which is used in this study was qualitative data which is quantified by likert scale. The data collected through questioner, analyzed by multiple linear regression analysis. The result of the study showed that (1) there was significant effect of brand trust and customers’ satisfaction to customers’ loyalty, (2) there was significant positive effect of brand trust on customers’ loyalty, (3) there was significant positive effect of customers’ satisfaction on customers’ loyalty to Minyak Pak Oles Tokcer Konter Singaraja.
keyword : brand trust, customers’ loyalty, and customers’ satisfaction

Published

2019-07-08

How to Cite

., S. R. ., ., N. L. W. S. T. S. M., & ., D. W. C. M. (2019). PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MINYAK PAK OLES TOKCER KONTER SINGARAJA. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/18226

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>