PENGARUH DESAIN PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YAMAHA BYSON DI GIANYAR

Authors

  • Dewa Nyoman Karang Anggara Putra .
  • I Nengah Suarmanayasa, S.E., M.Si. .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, S.E., M .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh yang pertama desain produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian, kedua untuk menguji pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian, ketiga untuk menguji pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Byson di Kabupaten Gianyar. Desain yang digunakan dalam Penelitian ini adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen Yamaha Byson di Kbupaten Gianyar. Sampel dalam penelitian sebanyak 80 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan incidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil penlitian ini menunjukkan ada pengaruh signifikn dari pertama desain produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 87,6%, kedua desain produk terhadap keputusan pembelian sebesar 35,1% dan ketiga citra merek terhadap keputusan sebesar 50,5% pada konsumen Yamaha Byson di Kabupaten Gianyar.
Kata Kunci : Citra merek, Desain produk, Keputusan pembelian

This study aims to examine the effect of the first product design and brand image on purchasing decisions, second to examine the effect of product design on purchasing decisions, third to examine the effect of brand image on purchasing decisions of Yamaha Byson motors in Gianyar Regency. The design used in this study is a quantitative causal research design. The population of this study were all consumers of Yamaha Byson in Gianyar Regency. Samples in the study were 80 respondents with sampling techniques based on incidental sampling. Methods of data collection using the questionnaire method, then analyzed using multiple linear regression analysis with classical assumption test. The results of this study show that there are significant effects from the first product design and brand image on purchasing decisions of 87.6%, both product designs on purchasing decisions by 35.1% and all three brand images on decisions by 50.5% on consumers of Yamaha Byson in Gianyar Regency
keyword : brand image, product design, purchase decision

Published

2019-07-29

How to Cite

., D. . N. K. A. P., ., I. N. S. S. M., & ., N. L. W. S. T. S. M. (2019). PENGARUH DESAIN PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YAMAHA BYSON DI GIANYAR. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/19079

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>