Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages Di BEI

Authors

  • Ni Luh Surpa Dewantari .
  • Drs. Wayan Cipta, M.M. .
  • Gede Putu Agus Jana Susila, S.E., M.B.A. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal dan sumber data yang digunakan yaitu data sekunder. Subjek penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan objek dalam penelitian ini yaitu ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas dan nilai perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Leverage, Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan

This study aimed to determine the effect simultaneously and partialy on firm size, leverage, and profitability on the firm value. The research design was used quantitative causal and the source of the data namely secondary data. The subject of this research is Food and Beverages sub sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange and the object of this study was firm size, leverage, profitability and firm value. The sampling technique used was purposive sampling as many as 11 companies. Data was collected by document recording and analyzed by multiple linear regression analysis. The results showed that (1) firm size, leverage, and profitability had significant effect on the firm value, (2) firm size had positive and signifcant effect on the firm value, (3) leverage had a negative and no significant on the firm value, (4) profitability had positive and significant on the firm value.
keyword : Leverage, Firm Value, Profitability, Firm Size

Published

2020-02-21

How to Cite

., N. L. S. D., ., D. W. C. M., & ., G. P. A. J. S. S. M. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages Di BEI. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/23558

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>