Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • NI MADE RATNA DEWI .
  • Drs. Wayan Cipta, M.M. .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, S.E., M .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) ukuran perusahaan dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, (2) ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, dan (3) corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Subjek penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan objek penelitian ini adalah ukuran perusahaan, corporate social responsibility, dan nilai perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 16 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ukuran perusahaan dan corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan (3) corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Kata Kunci : corporate social responsibility, nilai perusahaan, ukuran perusahaan

This study aims to examine the effect of (1) company size and corporate social responsibility on company value, (2) company size on company value, and (3) corporate social responsibility on company value. The research design used in this study is causal quantitative. The subjects of this study were food and beverage sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange and the object of this study was company size, corporate social responsibility, and company value. The sampling technique used was purposive sampling of 16 companies. The data were collected by document recording, and analyzed by multiple linear regression analysis. The results showed that: (1) company size and corporate social responsibility had a significant effect on company value, (2) company size had a negative and significant effect on company value, and (3) corporate social responsibility had a positive and significant effect on company value.
keyword : company size, company value, corporate social responsibility

Published

2020-02-21

How to Cite

., N. M. R. D., ., D. W. C. M., & ., N. L. W. S. T. S. M. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/23567

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>