Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang pada JNE KP Negara

Penulis

  • I Made Yudiana Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Yulianthini Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Kata Kunci:

Faktor-Faktor, Dipertimbangkan, Pelanggan, Memilih, Jasa Pengiriman, Barang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang (1) Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada JNE KP Negara dan (2) Faktor-faktor yang paling dominan dipertimbangkan  konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada JNE KP Negara. Penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan memakai perhitungan-perhitungan statistik melalui pengumpulan data lapangan pada JNE KP Negara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) kemudian dianalisis menggunakan analisis faktor. Hasil pada penelitian ini menunjukan ada sembilan faktor yang menjadi pertimbangan konsumen menggunakan jasa pengiriman barang pada JNE KP Negara. Faktor-faktor tersebut meliputi kecepatan pengiriman, jaminan, pengalaman, citra perusahaan, keamanan, kecepatan pelayanan, penggunaan monitoring, sopan santun dan faktor sosial. Faktor yang paling dominan menentukan keputusan konsumen menggunakan jasa pengiriman barang yang menjadi faktor unggulan dibentuk oleh kecepatan pengiriman, jaminan barang kiriman dan pengalaman.

 

 

 

Referensi

Assauri, sofjan. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Indriantoro dan Supomo. 2009. Metode Penelitan. Jakarta: Gramedia.

Irawan. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Kotler, Philip dan Amstrong. 2006. Marketing Manajemen. USA: Prentice Hall

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Lupyioadi. 2001. Manajemen Pemasaran jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Purhantara, Wahyu. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Riduwan, Kuncoro. 2008. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

-------. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

-------. 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwarni. 2009. “Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjualan”. Jurnal Ekonomi Bisnis, Nomor 1. Universitas Negeri Malang.

Swasta, Basu dan Handoko. 2000. Manajemen Barang Dalam Pemasaran. Yogyakarta: Cetakan Kedua BPFE.

Tijptomo, Fendy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Edisi Kedua.Cetakan Keenam. Penerbit Andi.

-------. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta.

Umar, Husain. 2003. Riset Pemasaran, Dan Perilaku Konsumen. Cetakan ketiga. Bandung: Gramedia Pustaka Utama.

Widayat. 2004. Metode Penelitian Pemasaran Aplikasi Sofware SPSS. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Yazid. 1999. Pemasaran Jasa Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Ekonisia

Diterbitkan

2020-07-30

Cara Mengutip

Yudiana, I. M., Yulianthini, N. N., & Telagawathi, N. L. W. S. (2020). Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang pada JNE KP Negara. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(2), 70–81. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38417

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>