FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN BARANG PADA JNE KP NEGARA

Penulis

  • I Made Yudiana .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi,SE.,MSi .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E.,M.M. .

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang (1) Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada JNE KP Negara dan (2) Faktor-faktor yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada JNE KP Negara. Penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan memakai perhitungan-perhitungan statistik melalui pengumpulan data lapangan pada JNE KP Negara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) kemudian dianalisis menggunakan analisis faktor. Hasil pada penelitian ini menunjukan ada sembilan faktor yang menjadi pertimbangan konsumen menggunakan jasa pengiriman barang pada JNE KP Negara. Faktor-faktor tersebut meliputi kecepatan pengiriman, jaminan, pengalaman, citra perusahaan, keamanan, kecepatan pelayanan, penggunaan monitoring, sopan santun dan faktor sosial. Faktor yang paling dominan menentukan keputusan konsumen menggunakan jasa pengiriman barang yang menjadi faktor unggulan dibentuk oleh kecepatan pengiriman, jaminan barang kiriman dan pengalaman.
Kata Kunci : Jasa Pengiriman, JNE, Kecepatan pengiriman, faktor sosial

This study aims to identify and analyze on (1) the factors that consumers consider in using of freight services on JNE KP Negara and (2) the most dominant factors that being considered by consumers in use of courier services from JNE KP Negara. This study is a verification that using statistical calculations through field data collection on JNE KP Negara. Data collection techniques in this study using a questionnaire and then analyzed using factor analysis. The results in this study indicate that there are nine factors that are considered by consumers in use of courier services in JNE KP Negara. These factors include the speed of delivery, warranty, experience, corporate image, security, speed of service, usage monitoring, manners and social factors. The most dominant factor determining the consumer's decision to use a freight forwarder being featured factor formed by the speed of delivery, guarantee the shipment and experience.
keyword : Service Delivery, JNE, speed of delevery, social factors

Diterbitkan

2016-07-26

Cara Mengutip

., I. M. Y., ., N. L. W. S. T., & ., N. N. Y. S. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN BARANG PADA JNE KP NEGARA. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(2). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/7882

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>