Faktor-Faktor yang Menentukan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Bahan Bakar Minyak Pertamax di SPBU Ahmad Yani, Singaraja-Bali

Penulis

  • Kadek Tedy Mandala Putra .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi,SE.,MSi .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E.,M.M. .

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan konsumen dalam keputusan pembelian bahan bakar minyak pertamax dan (2) untuk menentukan faktor yang paling dominan menentukan konsumen dalam keputusan pembelian bahan bakar minyak pertamax. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif berupa jenis atau bentuk penelitian yang meggunakan perhitungan-perhitungan statistik yang dilaksanakan melalui pengumpulan data lapangan pada konsumen yang membeli bahan bakar minyak pertamax. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunujukkan bahwa faktor-faktor yang menentukan konsumen dalam keputusan pembelian bahan bakar minyak pertamax adalah faktor keunggulan dan faktor pendukung. Faktor yang paling dominan menentukan konsumen adalah faktor keunggulan dengan nilai eigenvalue tertinggi sebesar 2,719.
Kata Kunci : analisis faktor, keunggulan, pendukung

This recent research aims (1) to analyze the factors which determine consumer in deciding of purchasing the Pertamax fuel and (2) to determine the most dominant factor determining customer in deciding of purchasing the Pertamax fuel. The research uses the type or form of quantitative research design be any type or form using statistical calculations are implemented through field data collection on consumer of Pertamax fuel. Data collection technique is the questionnaire (question form) and then they are analyzed using factor analysis. The result shows that the factors which determine consumer in deciding of purchasing Pertamax fuel are advantage factors and endowments factors. The most dominant factor determining this is the advantage factors that is the highest eigenvalue of 2,719.
keyword : factor analysis, advantage, endowment

Diterbitkan

2021-07-28

Cara Mengutip

., K. T. M. P., ., N. L. W. S. T., & ., N. N. Y. S. (2021). Faktor-Faktor yang Menentukan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Bahan Bakar Minyak Pertamax di SPBU Ahmad Yani, Singaraja-Bali. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(1). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/9569

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>