Menstimulasi Perilaku Sopan Santun pada Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Ular Tangga
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v1i2.38359Keywords:
Media, Ular Tangga, Sopan SantunAbstract
Kurangnya perkembangan moral pada anak menyebabkan rendahnya perilaku sopan santun pada anak usia dini. Masih ada siswa yang kurang sopan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Hal ini disebabkan guru kurang menstimulasi perkembangan moral pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media permainan ular tangga perilaku untuk menstimulasi perilaku sopan santun pada anak usia dini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE, namun pengembangan ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development). Subjek penelitian terdiri atas 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi pembelajaran. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan kuisioner. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Analisis data dilaksanakan melalui analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu nilai rata-rata CVR yakni 1.00 dan CVI 1.00 dengan kriteria sangat tinggi. Maka, media permainan ular tangga perilaku yang dikembangkan valid dan layak digunakan pada pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu guru dapat menggunakan media permainan ular tangga perilaku untuk menstimulasi perilaku sopan santun pada anak usia dini dalam pembelajaran
References
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. INoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1). https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450.
Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209 – 216. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035.
Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.578.
Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.
Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1). https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503.
Baker, E. R., D’Esterre, A. P., & Weaver, J. P. (2021). Executive function and Theory of Mind in explaining young children’s moral reasoning: A Test of the Hierarchical Competing Systems Model. Cognitive Development, 58. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2021.101035.
Chabib, M., Tri Djatmika, E., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Sebagai Sarana Belajar Tematik SD. Jurnal Pendidikan, 2(7), 910–918. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9634.
Dewi, N. K., Tirtayani, L. A., & Kristiantari, R. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok B di Paud Gugus Anggrek, Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 43–53. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15090.
Ellinawati, E., Sari, F., & Sari, A. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Ular Tangga. Jurnal Pelita Paud, 6(1), 148 – 154. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1410.
Gönültaş, S., Richardson, C. B., & Mulvey, K. L. (2021). But They Weren’t Being Careful! Role Of Theory Of Mind In Moral Judgments About Victim And Transgressor Negligence. Journal of Experimental Child Psychology, 212. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105234.
Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338.
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.
Hanifah, & Budiman. (2019). Pengaruh Model Open Ended Problem Berbantu Media Kotak Telur Pelangi ( Kotela ) Terhadap Hasil Belajar. Journal of Education Technology., 3(3), 1–137. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734.
Hardiansyah, D., Rohman, A., & Deviyanti, E. (2021). Pengembangan Model Garden-Based Learning Meningkatkan Perilaku Prososial Anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1576 – 1587. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1728.
Hidayati, R. (2016). Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigan, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.553.
Hosen, M., Ogbeibu, S., Giridharan, B., Cham, T. H., Lim, W. M., & Paul, J. (2021). Individual Motivation And Social Media Influence On Student Knowledge Sharing And Learning Performance: Evidence From An Emerging Economy. Computers and Education, 172. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104262.
Iannuccilli, M., Dunfield, K. A., & Byers-Heinlein, K. (2021). Bilingual Children Judge Moral, Social, And Language Violations As Less Transgressive Than Monolingual Children. Journal of Experimental Child Psychology, 208. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105130.
Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483.
Khofiyah, H. N., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857.
Lauc, T., Jagodić, G. K., & Bistrović, J. (2020). Effects of Multimedia Instructional Message on Motivation and Academic Performance of Elementary School Students in Croatia. International Journal of Instruction, 13(4), 491–508. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13431a.
Linda, R. (2018). The Effect Of Prezy And Exe-Learning Media On Chemical Learning Results. EDUSAINS, 10(1). https://doi.org/10.15408/es.v10i1.7204.
Manurung, & Panggabean. (2020). Improving Students’ Thinking Ability In Physics Using Interactive Multimedia Based Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.28205.
Maqdalena, & Widiastuti. (2018). Meningkatkan Kemampuan Simbol Huruf Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Dukuh Krajan Rt 09 Rw 01 Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan, 34(2). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. . (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 253–260. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19411.
Margaretha, L., & Pura, D. N. (2019). Pengembangan Model Media Audio-Visual untuk Meningkatkannilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Kota Bengkulu. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 167. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9060.
Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217.
Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428.
Novita, S., & Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103.
Nurani, Y., & Mayangasri, T. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 386–400. https://doi.org/10.21009/jpud.112.15.
Nurjannah, D. (2018). Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Bermain Papercraft (Penelitian Tindakan di TK Alam Rizkia, Depok). AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 4(2), 149–160. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-03.
Prabaningrum, & Putra. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 414. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775.
Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.
Prameswari, N. K. (2018). Peningkatan Dalam Penggunaan Media Ular Tangga Mata Kuliah Pendidikan PKn SD Materi Strategi Pembelajaran Pada Kemampuan Kognitif Mahasiswa Semester 2 STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 9. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2188.
Prasasti, T. I., Solin, M., & Hadi, W. (2019). The Effectiveness of Learning Media Folklore Text of North Sumatera Based on Blended Learning by 10th Grade Students of Vocational High SchoolHarapan Mekar-1 Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 480–490. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.548.
Priani, I., Manuaba, I. B. S., & Darsana, I. W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus III Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 8–14. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16972.
Puspitasari. (2018). Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 55–64. https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.347.
Puspitasari, & Murda. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran IOC Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19470.
Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385.
Putrihapsari, R., & Dimyati, D. (2021). Penanaman Sikap Sopan Santun dalam Budaya Jawa pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059–2070. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1022.
Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185.
Rosalina, A., Widiasari, Y., & Hapsari, M. I. (2010). Peranan Orangtua Dalam Dongeng Sebelum Tidur Untuk Optimalisasi Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini. Psycho Idea, 8(2), 81–92. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v8i2.236.
Sapulette, M. S., & Wardana, A. (2016). Peningkatan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri 16 Ambon Melalui Pembelajaran PPKn Dengan Media Cerita Rakyat. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 150–165. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.11922.
Sarah C. Kucker. (2021). Processes and pathways in development via digital media: Examples from word learnin. Infant Behavior and Development, 63, 101559. https://doi.org/10.1016/j.infbeh.2021.101559.
Saurina, N. (2003). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia.
Setiawati, T. (2018). Penanaman Nilai-nilai Karakter pada Pendidikan Agama Islam melalui Metode Permainan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3856.
Sholihin, M., Sari, R. C., Yuniartic, N., & Sariyatul, ilyanaa. (2020). A new way of teaching business ethics: The evaluation of virtual reality-based learning media. The International Journal of Management Education, 18(3), 100428. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100428.
Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(3), 334–346. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340.
Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601.
Sutama, I. P. E., Dibia, I. K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10683.
Swastrini, K. C., Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764.
Utomo, I. A., Ramli, M., & Furaidah, F. (2018). Penerapan Strategi Bermain melalui Media Busy Book untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1594–1598. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.12553.
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347.
Wildani, A., Budiyono, A., & Zaitun, Z. (2021). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 96–103. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2864.
Winther-Lindqvist, D. A. (2021). Caring well for children in ECEC from a wholeness approach – The role of moral imagination. Learning, Culture and Social Interaction, 30. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2020.100452.
Wu, T. T., & Wu, Y. T. (2020). Applying project-based learning and SCAMPER teaching strategies in engineering education to explore the influence of creativity on cognition, personal motivation, and personality traits. Thinking Skills and Creativity, 35. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100631.
Wulandari, D. P., & Pravesti, C. A. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga Keyakinan dalam Peningkatan Efikasi Diri Siswa SMP. COUNSELLIA : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 95 – 105. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8882.
Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436.
Zulfana, F., Purwadi, & Mudzanatun. (2020). Pengaruh Model Nht Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd N 02 Ujung Pandan Jepara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i1.474.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)