E-Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.64459Keywords:
E-module, Contextual Approach, Natural ScienceAbstract
Hasil belajar IPA siswa sekolah dasar berada pada kategori rendah, terutama pada materi gaya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut terjadi karena minimnya media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tujuan menganalisis rancangan, validitas media, dan efektivitas e-modul berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA kelas IV SD. Subjek penelitian terdiri atas masing-masing satu ahli isi materi, ahli desain, dan ahli media. Tiga siswa dilibatkan dalam uji coba perorangan, enam siswa uji coba kelompok kecil, dan sembilan siswa uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Analisis data melibatkan tiga teknik yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis statistik kuantitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rancangan e-modul terdiri atas lima tahap, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Persentase validitas e-modul dari ahli isi materi sebesar 96,36%, ahli desain 84%, ahli media 83,07%, uji coba perorangan 93,33%, uji coba kelompok kecil 88,05%, dan uji coba lapangan 88,94%. (3) Efektivitas e-modul terbukti signifikan dalam meningkatkan hasil belajar IPA, dengan nilai thitung 17,525 > ttabel 2,004. Dapat disimpulkan bahwa, e-modul berbasis pendekatan kontekstual terbukti efektif dan layak digunakan sebagai sumber belajar kelas IV SD.
References
Agustiari, N. P. S., Ganing, N. N., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35519.
Arigiyati, T. A., Kusmanto, B., & Widodo, S. A. (2018). Validasi Instrumen Modul Komputasi Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n1.p23-29.
Astuti, N., Kaspul, K., & Riefani, M. K. (2022). Validitas Modul Elektronik “Pembelahan Sel” Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 6(1), 94–102. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/667.
Aysi, S. A. H., & Noviani, L. (2023). E-Modul Interkaktif Berbasis Technopreneurship Pada Pembelajaran Proyek Wirausaha. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(1), 1–11. Retrieved from https://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/32084.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Dinatha, N. M. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2). Retrieved from https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=961490&val=6712.
Dinatha, N. M., & S, P. A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa P4 Interaktif Mata Pelajaran IPA Terpadu Untuk Siswa SMP Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Ngada Flores. Journal of Education Technology, 2(4), 186–191. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16547.
Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 31–46. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3642.
Hikmawati, N. (2020). Model Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Materi Ipa Kelas 6 Mi Miftahun Najah Desa Tenonan Kecamatan Manding. Jurnal Kariman, 8(1), 89–104. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i1.129.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://doi.org/10.58230/27454312.73.
Khunaifi, A. Y., & Matlani, M. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 81. https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.972.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. PT Bumi Aksara.
Kurniawati, E. F. (2020). Pengimplementasian E-Modul Etnokonstruktivisme Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 10–21. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.26589.
Lestari, N. D. (2018). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Se-Kota Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(1). https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2190.
Liady, F., Jasiah, J., Fitria, E., Anggraeni, N., Oktarina, H., & Nurlita, S. (2022). Pendampingan Literasi Teknologi. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 547–554. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1186.
Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/995.
Mega, M. P., & Marini, A. (2022). Development of Contextuan Teaching Based E-Modules in Grade V Elementary School Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 415–433. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i2.17051.
Mursyid, A., Ahmad, C. F., Dewi, A. K., & Tianti, A. Y. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Purwakarta. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 173–187. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.56.
Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Deddy, S., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624.
Ni Wayan Suparmi. (2018). Hasil Belajar Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Technology, 2(4), 192–196. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16548.
Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103.
Nurwidayanti, D., & Mukminan, M. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Beljaar Ekonomi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 105–114. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743.
Oktaviana, M., & Ramadhani, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1090.
Pelawi, J. T., Idris, & Is, M. F. (2021). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Upaya Pencegahan Pernikahan Dini (Dibawah Umur). Jurnal Education and Development I, 9(2), 562–566. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2792.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.
Primayanti, L. P. D., & Dewi, P. Y. A. (2021). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Semester I Sekolah Dasar Triamerta Tahun Pelajaran 2020/2021. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 145–154. https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i2.1795.
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Implementasi Asas-Asas Pengembangan Kurikulum Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511.
Rahmayani, R., Anwar, R. B., & Vahlia, I. (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Disertai QR Code Pada Materi Logaritma. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4703.
Salabi, A. S. (2022). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievement: Journal of Science and Research. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177.
Suarthama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudarma, I. K., Teguh, I. M., & Prabawa, D. G. A. P. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukadana, I. N. (2022). Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX SMP. Journal of Education Action Research, 6(1), 95–101. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44594.
Suryantini, N. L. I., Ardana, I. K., & Asri, I. G. A. A. S. (2021). Model Experiential Learning Berbantuan Video Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35488.
Syarifah, S. K., Windiyani, T., & Suchyadi, Y. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flipbook Pada Kelas V Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2611–2619. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.851.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu 88.
Utami, N., Nurlaeli, N., Husni, M., Aquami, A., & Fatimah, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas IV Tema 6 Subtema 3 di SD. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 112–118. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v2i1.9114.
Wahidah, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 79. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4775.
Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195–205. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376.
Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974.
Yudiari, M. M., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5683.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)