Media Augmented Reality 3D Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74931Keywords:
Pengembangan, Media, Pemahaman Konsep SainsAbstract
Penerapan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif di sekolah dasar masih kurang. Minimnya media pembelajaran yang menarik untuk menunjang pembelajaran menjadi dasar rendahnya kemampuan literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media 3D Augmented Reality Berbasis Video Animasi yang dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan rating scale. Instrumen pengumpulan data adalah observasi, lembar rating scale, panduan wawancara. Pengujian validitas isi instrumen penelitian dilakukan dengan menggunakan rumus Gregory. Analisis data kualitatif dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif. Uji efektivitas dilakukan dengan menggunakan uji-t berkorelasi dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: media augmented reality 3D berbasis video animasi memperoleh indeks validitas sebesar 4,75 dengan kualifikasi sangat valid, materi pada konten media augmented reality 3D berbasis video animasi memperoleh indeks validitas sebesar 4,27 dengan kualifikasi sangat valid, tingkat pencapaian respon praktisi/guru terhadap media augmented reality 3D sebesar 4,8 dengan kualifikasi sangat praktis, tingkat pencapaian respon siswa terhadap media augmented reality 3D sebesar 4,88 dengan kualifikasi sangat praktis dan nilai signifikansi pada uji-t sebesar 0,000 < 0,05, sehingga media augmented reality 3D berbasis video animasi efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep ilmiah.
References
Abdinejad, M., Talaie, B., Qorbani, H. S., & Dalili, S. (2020). Student Perceptions Using Augmented Reality and 3D Visualization Technologies in Chemistry Education. Journal of Science Education and Technology, 30(1), 87–96. https://doi.org/10.1007/s10956-020-09880-2.
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Developing Literacy Learning Model Based On Multi Literacy, Integrated, And Differentiated Concept At Primary School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13283.
Adinda, K., & Rohman, A. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan . Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, 2(1), 24. http://eprints.undip.ac.id/45663/.
Agusta, I. (2022). Augmented Reality Media to Improve Science Literacy and Metacognitive Ability for Fifth Grade Elementary School. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2), 300–308. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/50531/24123/149443.
Arifitama, B. (2020). Pelatihan Pembuatan Model 3D Alat Peraga Edukasi Hidrologi Berbasis Augmented Reality Untuk Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(2), 110–117. https://doi.org/10.36341/jpm.v4i2.1263.
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 47. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107192019.
Arisandi, D., Setiawan, D., Karpen, K., & Musyafak, M. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Topologi Jaringan dengan Augmented Reality di Program Studi Teknik Informatika. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1487–1497. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2231.
Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. (2017). Relasi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 14–22. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p014.
Damayanti, K. P., & Wiarta, I. W. (2022). Media Aplikasi Berbasis Pembelajaran Saintifik pada Muatan IPA SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 44–52. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45232.
Fitriani, E., Suhartono, S., & Mugiarti, I. (2019). Make it real : Simulation of 3D molecules using Augmented Reality in chemical bonding topic Make it real : Simulation of 3D molecules using Augmented Reality in chemical bonding topic. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/5/055058.
Halili, S. H. (2019). Technological Advancements in Education 4.0. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 7(1), 63–69. https://tojdel.net/journals/tojdel/volumes/tojdel-volume07-i01.pdf#page=70.
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183–208. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417.
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682.
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.
Jerry Radita Ponza, P., Nyoman Jampel, I., & Komang Sudarma, I. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.
Kamiana, A., Kesiman, M. W. A., & Pradnyana, G. A. (2019). Pengembangan Augmented Reality Book Sebagai Media Pembelajaran Virus Berbasis Android. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2), 165. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18351.
Lino Padang, F. A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 38–46. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46.
Listiani, & Kusuma, A. E. (2017). View Of Nature Of Science (Vnos) Form B: Sebuah Instrumen Untuk Mengetahui Pemahaman Konsep Hakikat Sains Calon Guru Di Universitas Borneo Tarakan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3, 45–54. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=640224&val=7984.
Mahlianurrahman, & Aprilia, R. (2022). Pengembangan Media Video untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (DIKODA), 3(1), 8–17. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i01.1060.
Maryanti, S., & Kurniawan, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922.
Prahastiwi, F. A., & Saraswati, D. F. (2019). Keterkaitan Pembelajaran Literasi Sains Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Seminar Nasional Pendidikan, 1. http://mulok.lib.um.ac.id/index.php?p=show_detail&id=89644.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.
Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348.
Rahayuni, G. (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926.
Rahmadhani, W., Sardjijo, S., & Manalu, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7750–7757. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.2520.
Schmid, J. R., Ernst, M. J., & Thiele, G. (2020). Structural Chemistry 2.0: Combining Augmented Reality and 3D Online Models. Journal of Chemical Education, 97(12), 4515–4519. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00823.
Singgih, S. (2020). STEM Dalam Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4. 0. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 3(1), 299–304. https://doi.org/https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.873.
Sulaksana, G. K. A., & Mahadewi, L. P. P. (2022). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0: E-Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Siswa Kelas X. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 135–145. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43397.
Sunita, N. W., & Nardus, E. O. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Apersepsi Scene Setting Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Dengan Mengontrol Motivasi Berprestasi. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 29. https://doi.org/10.5281/zenodo.1407731.
Susetya, B. E. F., & Harjono, N. (2022). Pengembangan Media Filter Instagram Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10056–10072. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4228.
Susiliastini, N. K. T., & Sujana, I. W. (2022). Flipbook: Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Etnomatematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 105–118. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.54596.
Taufiqurrahman, M. (2023). Pembelajaran Abad-21 Berbasis Kompetenci 4C Di Perguruan Tinggi. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 77–89. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.77-89.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Aplikasi Augmented Reality Dalam Meningkatkan Proses Pengajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489–499. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595.
Vagg, T., Balta, J. Y., Bolger, A., & Lone, M. (2020). Multimedia in Education: What do the Students Think? Health Professions Education, 6(3), 325–333. https://doi.org/doi.org/10.1016/j.hpe.2020.04.011.
Valentina, N. P. D., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Animasi Berbasis Role Playing Tema Profesi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 231. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35640.
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.
Wardani, S., & Sari, M. W. (2016). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Media Pembelajaran Pengenalan Objek Geometri Berbasis Web. Jurnal Teknologi Technoscientia, 187–193. https://doi.org/10.34151/technoscientia.v8i2.171.
Yunailis, M., Haq, T. Z., & Afrizal, Z. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Edutainment pada Pembelajaran Berhitung Siswa/i Kelas II SD Muhammadiyah Senggotan Bantul. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5090.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kusuma Yoga I Dewa Gede Agus Kusuma Yoga, I Made Tegeh, I Nyoman Laba Jayanta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)