Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Produktif dalam Melaksanakan Pembelajaran Membatik pada Program Keahlian Desain dan Produksi Kria Tekstil melalui Pembinaan Kompetensi Profesional
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17601Abstract
Berdasarkan dari hasil pengamatan pada tahap awal yang dilakukan Peneliti menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran batik adalah mempersiapkan perangkat pembelajaran, yaitu silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Komponen dalam silabus yaitu: Standar kompetensi dan kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Sedangkan komponen dalam RPP yaitu: Tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran, media dan sumber pembelajaran, dan penilaian hasil belajar belum tersedia sesuai dengan kelengkapannya. (2) Proses pembelajaran batik pada pertemuan pertama diawali dengan persepsi kemudian guru menjelaskan tentang pengertian batik tulis klasik dan jenis-jenis ragam hias. Pertemuan kedua, penugasan kepada peserta didik untuk membuat jenis ragam hias dan desain karya batik. Pertemuan ketiga, guru menjelaskan prosedur dalam pembuatan karya batik tulis sesuai urutan langkah kerja belum terlaksana secara sistematis. Melihat kondisi demikian Penedliti berupaya melakukan perbaikan-perbaikan melalui Penelitian Tindakan Sekolah dengan menerapkan pembinaan Kompetensi Profesional bagi guru Produktif. Karena dengan cara ini diyakini dapat meningkatkan kinerja guru produktif pada tingkat yang lebih baik dan sistematis. Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru produktif dalam melaksanakan pembelajaran membatik. Kegiatan Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Sukawati pada bulan Juli tahun 2017 dengan objek guru produktif sebanyak 15 orang Pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan secara kolaboratif dengan partisipatif pelaksanaannya selama 2 siklus penelitian. Data hasil penelitian yang telah dikumpulkan melalui penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru produktif dalam melaksanakan pembelajaran membatik bagi siswa Program Keahlian Desain dan Produksi Kria Tekstil. Berdasarkan data yang diperoleh dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembinaan Kompetensi Profesional dapat meningkatkan kinerja guru produktif dalam melaksanakan pembelajaran membatik di SMK Negeri 2 Sukawati program keahlian desain dan produksi kria Tekstil tahun pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Peningkatan Kinerja Guru Produktif, Pembinaan Kompetensi Profesional
References
Arikunto, S dan Suhardjono. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi aksara.
Asiah. T, Siti. 2016. Efektivitas Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 4 Nomor 2. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/. Diakses 17 Mei 2019.
Bermawi, M. 2005. Strategi Pembelajaran Aktif. Jogyakarta.CTSD.
Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Fitriani, dkk. 2015. Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Mts Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala ISSN 2302-0156.
Khodijah, Nyayu. 2013. Kinerja Guru Madrasah dan Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi di Sumatera Selatan. Cakrawala Pendidikan No. 1. http://lppmp.uny.ac.id/sites/lppmp.uny.ac.id/. Diakses 17 Mei 2019.
Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Niken Widagdorini, Hendrawati. 2017. Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Kurikulum 2013 di SD Negeri Timpik 01 Tahun 2017. http://eprints.ums.ac.id/. Diakses 17 Mei 2019.
Ning Zahroh, Mas. 2016. Evaluasi Kinerja Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Yayasan Al Kenaniyah Jakarta Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan. https://www.neliti.com/id/publications/. Diakses 17 Mei 2019.
Ode Ismail Ahmad, LA. 2017. Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Idaarah Vol. I No. 1. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/. Diakses 17 Mei 2019.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Rahadi, Ansto. 2003. Media Pembelajaran Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud.
Slameto, Bambang S, dkk. 2017. Peningkatan Kinerja Guru melalui Pelatihan beserta Faktor Penentunya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Vol. 27 No. 2 Hal. 38-47. http://journals.ums.ac.id/index.php/. Diakses 17 Mei 2019.
Srinalia. 2015. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Guru dan Korelasinya terhadap Pembinaan Siswa: Studi kasus di SMAN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. 15 No. 2. https://media.neliti.com/media/publications/. Diakses 17 Mei 2019.
Sudjana. 2001. Media Pengajaran. Jakarta : Sinar Baru Algensindo.
Zubair, Ahmad, dkk. 2017. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, Volume 11 Nomor Hal. 304-311. https://media.neliti.com/media/publications/. Diakses 17 Mei 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)