Peningkatan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Housekeeping melalui Layanan Konseling Kelompok
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17602Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yaitu: 1) apakah pembelajaran dengan layanan Bimbingan dan Konseling kelompok berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa ? dan 2) Seberapa besar peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa setelah dilaksanakannya layanan Bimbingan dan Konseling secara kelompok ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran dengan Layanan Bimbingan Dan Konseling kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran housekeeping dan 2) Untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan siswa terhadap mata pelajaran housekeeping setelah diterapkannya Layanan Bimbingan dan Konseling secara kelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: Rancangan, (Planning), Pelaksanaan Kegiatan dan pengamatan (Acting), Observasi (Observing) dan Refleksi / Tindakan (reflecting). Adapun hasil yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu: observasi, tes dokumentasi dan wawancara, dijadikan acuan dalam menulis laporan penelitian Tindakan Kelas ini adalah: pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 79,8 dan ketuntasan belajar mencapai 83,33 % sedangkan pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 83,53 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah dengan penerapan layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran housekeeping bagi siswa kelas X Semester Satu Program Keahlian Akomudasi Perhotelan SMK Negeri 2 Sukawati tahun pelajaran 2016/2017 terbukti berhasil dengan baik”.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pelajaran Houskeeping, Layanan Konseling Kelompok
References
Abdurrahman dan Bintoro. 2000. Memahami dan menangani Siswa dengan Problema Belajar. Jakarta; Depdiknas.
Amos Kandola. 2006. Model-model Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jakarta: UNJ.
Aqib Zainal. 2004. Profesional Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya; Insan Cindikia.
Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fiah dan Ice. 2016. Efekitvitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X Man Krui Lampung Barat T.P 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling 03 (1) (2016) 47-62, p-ISSN 2089-9955, e-ISSN 2355-8539.
Lastariwati, Badraningsih. 2012. Pentingnya Kelas Kewirausahaan Pada SMK Pariwisata. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 2 No. 1 Hal. 71-80. https://journal.uny.ac.id/index.php. Diakses 17 Mei 2019.
Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulya Sari, Deasy. 2015. Partisipasi Masyarakat dalam Mengembangkan sarana Prasarana Kawasan Desa Wisata Borobudur. Modul Vol. 15 No. 2. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/modul/article/download/10772/8546. Diakses 17 Mei 2019.
Prasetya Maha Rani, Deddy. 2014. PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda Vol. 3 No. 3 Hal. 412-421. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpm5b0b20ff16full.pdf. Diakses 17 Mei 2019.
Renita Mulyaningtyas, Yus Purnomo Hadiyanto. 2006. Bimbingan dan Konseling SMA Kelas X. Tesis. Jakarta.
Rokhmi Lestari, Siti. 2014. Manajemen Pengembangan Dosen sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Tnggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, Vol. 12 No. 2. http://www.amptajurnal.ac.id/index.php/. Diakses 17 Mei 2019.
Samsudi. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Program Produktif SMK untuk Membentuk Karakter Kewirausahaan Lulusan. Cakrawala Pendidikan No. 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2170. Diakses 17 Mei 2019.
Sanjaya, W, 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syarifuddin Dahlan. 2014. Bimbingan dan Konseling di sekolah, Konsep Dasar Landasan Pelayanan. Bandar Lampung; Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)