Peningkatan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Housekeeping melalui Layanan Konseling Kelompok

Authors

  • Putu Mariathi SMK Negeri 2 Sukawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17602

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yaitu: 1) apakah pembelajaran dengan layanan Bimbingan dan Konseling kelompok berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa ? dan 2) Seberapa besar peningkatan  hasil belajar yang dicapai siswa setelah dilaksanakannya layanan Bimbingan dan Konseling secara kelompok ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran dengan Layanan Bimbingan Dan Konseling kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran housekeeping dan 2) Untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan siswa terhadap mata pelajaran  housekeeping  setelah diterapkannya  Layanan Bimbingan dan Konseling secara kelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak  dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: Rancangan, (Planning), Pelaksanaan Kegiatan dan pengamatan (Acting), Observasi (Observing) dan Refleksi / Tindakan (reflecting). Adapun hasil  yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu: observasi, tes dokumentasi dan wawancara, dijadikan acuan dalam menulis laporan  penelitian Tindakan Kelas ini adalah: pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata  79,8 dan ketuntasan belajar mencapai 83,33 % sedangkan pada siklus II peningkatan  hasil belajar siswa  dengan nilai rata-rata 83,53 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah dengan penerapan layanan  Bimbingan dan Konseling Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar  siswa pada mata pelajaran housekeeping  bagi siswa kelas X Semester Satu  Program Keahlian Akomudasi Perhotelan  SMK Negeri 2 Sukawati tahun pelajaran 2016/2017 terbukti berhasil dengan baik”.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa,  Pelajaran Houskeeping, Layanan Konseling Kelompok

 

References

Abdurrahman dan Bintoro. 2000. Memahami dan menangani Siswa dengan Problema Belajar. Jakarta; Depdiknas.

Amos Kandola. 2006. Model-model Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jakarta: UNJ.

Aqib Zainal. 2004. Profesional Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya; Insan Cindikia.

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fiah dan Ice. 2016. Efekitvitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X Man Krui Lampung Barat T.P 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling 03 (1) (2016) 47-62, p-ISSN 2089-9955, e-ISSN 2355-8539.

Lastariwati, Badraningsih. 2012. Pentingnya Kelas Kewirausahaan Pada SMK Pariwisata. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 2 No. 1 Hal. 71-80. https://journal.uny.ac.id/index.php. Diakses 17 Mei 2019.

Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulya Sari, Deasy. 2015. Partisipasi Masyarakat dalam Mengembangkan sarana Prasarana Kawasan Desa Wisata Borobudur. Modul Vol. 15 No. 2. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/modul/article/download/10772/8546. Diakses 17 Mei 2019.

Prasetya Maha Rani, Deddy. 2014. PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda Vol. 3 No. 3 Hal. 412-421. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpm5b0b20ff16full.pdf. Diakses 17 Mei 2019.

Renita Mulyaningtyas, Yus Purnomo Hadiyanto. 2006. Bimbingan dan Konseling SMA Kelas X. Tesis. Jakarta.

Rokhmi Lestari, Siti. 2014. Manajemen Pengembangan Dosen sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Tnggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, Vol. 12 No. 2. http://www.amptajurnal.ac.id/index.php/. Diakses 17 Mei 2019.

Samsudi. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Program Produktif SMK untuk Membentuk Karakter Kewirausahaan Lulusan. Cakrawala Pendidikan No. 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2170. Diakses 17 Mei 2019.

Sanjaya, W, 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syarifuddin Dahlan. 2014. Bimbingan dan Konseling di sekolah, Konsep Dasar Landasan Pelayanan. Bandar Lampung; Graha Ilmu.

Downloads

Published

2019-05-24

How to Cite

Mariathi, P. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Housekeeping melalui Layanan Konseling Kelompok. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17602

Issue

Section

Articles