Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X AP1 Pada Pelajaran PPKn

Authors

  • Nyoman Kertia SMK Negeri 1 Sukasada

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17604

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas X AP1 SMK Negeri 1 Sukasada semester genap  tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran  Kooperatif tipe Role playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X AP1 SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2017/2018 semester genap yang berjumlah 30 orang. Data dianalisis menggunakan kuantitaif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan terjadi peningkatan hasil belajar PPKn siswa siklus 1 dengan materi “Wawasan Nusantara dalam konteks Negara kesatuan Republik Indonesia” pada siklus I dengan rata-rata sebesar 74,8  yang termasuk ke dalam kategori kurang, sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 30 %. Sedangkan pada materi yang sama siklus II rata-rata PPKn siswa sebesar 85,81 yang termasuk klasifikasi baik, dan ketuntasan klasikal sebesar 100% dari 30 siswa. Dari analisis data di atas model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Role Playing

References

Angkowo & Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran Mempengaruhi Motivasi Hasil Belajar dan Kepribadian. PT Grasindo. Jakarta.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Dewi, Ratna Puspita. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. JPGSD Volume 02 Nomor 03 Hal. 1-11. https://media.neliti.com/media/publications/. Diakses 22 Mei 2019.

Ernani, Ahmad Syarifuddin. 2016. Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI Volume 2 Nomor 1 Hal. 29-42. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/. Diakses 22 Mei 2019.

Faturahman, dkk. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya Hamzah, B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis dibidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Hanafiah.2010. Motivasi Belajar Siswa. Semarang: Cakra Press.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: GP. Press.

Kertih. I Wayan. 2015. Perangkat Pembelajaran PPKn: Perencanaan dan Pengembangan. Yogyakarta: Media Akademi.

Kristin, Firosalia. 2018. Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Refleksi Edukatika 8 (2) Hal. 171-176. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE. Dikakses 22 Mei 2019.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Lestari, Raran Suci. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Role Playing dengan Media Video terhadap Hasil Belajar IPS (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Gondangwetan 1 Pasuruan). Pedagogy Vol. 02 No. 01 Hal. 25-32. http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/. Diakses 22 Mei 2019.

Nuliandini, Putri, Wirda Hanim, Atiek Sismiati S. 2016. Pengaruh Role Play dalam Konseling Kelompok untuk Menurunkan Tingkat Bullying Siswa (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas XII di SMK Negeri 41 Jakarta). Jurnal Bimbingan Konseling 5 (1) Hal. 81-86. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ . Diakses 22 Mei 2019.

Nurhasanah, Ismawati A., Atep Sujana, Ali Sudin. 2016. Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Mahluk Hidup dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah Vol. 1 No. 1 Hal. 611-620. http://ejournal.upi.edu/index.php/. Diakses 22 Mei 2019.

Sari Adnyani, Ni Ketut. 2014. Pembelajaran, Berbasis Masalah Untuk Meniningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) UNDIKSHA ISSN 2301-7821 Jilid 47, Nomor 2-3 Oktober 2014.

Sari, Malda. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Pelajaran IPS. http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/. Diakses 22 Mei 2019.

Sambeng, Agus. .2010.. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Siswa.

Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.

Tarigan, Arleni. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Vol. 5 No. 3 Hal. 102-112. https://media.neliti.com/media/publications/. Diakses 22 Mei 2019.

Tuken, Ritha. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Role Playing di Kelas VI SDN IV Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan Volume VI Nomor 2 Juni 2016. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend. Diakses 22 Mei 2019.

Yanto, Ari. 2015. Metode Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas Volume I No. 1 Hal.53-57. https://media.neliti.com/media/publications/. Diakses 22 Mei 2019.

Zuaherini, Ahmad. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Downloads

Published

2019-05-24

How to Cite

Kertia, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X AP1 Pada Pelajaran PPKn. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17604

Issue

Section

Articles