Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Teknik Pemesinan Bubut

Authors

  • Budi Hartono Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hartanto Sunardi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hari Karyono Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17606

Abstract

Proses pembelajaran kompetensi teknik pemesinan bubut terdapat permasalahan yakni rendahnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang disampaikan guru. Hal tersebut disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, kurang menarik, dan kurang mengajarkan kegiatan pembelajaran praktik yang baik dan benar. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa maka peneliti berkotmimen untuk memperbaiki metode mengajar dalam proses pembalajaran siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah pembelajaran kooperatif model jigsaw. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Terdapat satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah (1) lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, (2) lembar observasi aktivitas siswa,  (3) angket respon siswa dan (4) tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Metode pembelajaran kooperatif model jigsaw efektif untuk mengajarkan kompetensi teknik pemesinan bubut di kelas XI SMK Negeri 1 Pungging. Hal ini karena syarat-syarat keefektifan pembelajaran kooperatif model jigsaw telah terpenuhi, yaitu : a) Ketuntasan belajar secara klasikal tercapai, yaitu sebesar 87%, b) Kemampuan guru mengelola pembelajaran efektif, c) Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran efektif, dan d) Respon siswa terhadap pembelajaran positif. (2) Prestasi belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional untuk kompetensi teknik pemesinan bubut di kelas XI SMK Negeri 1 Pungging. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data statistik inferensial.

           

References

Asma, N. 2006. Metode Pembelajaran Kooperatif. Jakarta. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan..

Azizah, Nur. 2013. Penagruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Di SMK wongsorejo Gombong. Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Univeritas Negeri Yogyakarta.

Cohen, E. G. 1994.Designing groupwork :Strategiaes for the heterogeneous Classroom. New York. Teacher College Press.

Kirom , Askhabul (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural . Jurnal Pendidikan Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan P-ISSN (Cetak) : 2477-8338.

Masluchah ,Yeni (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar . Jurnal PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya JPGSD. Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013.

Nur, M. 2008. PembelajaranKooperatif. Surabaya: PusatSainsdanMatematikaSekolah.

Rosyidah ,Ummi (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016

Sagala, S. 2007. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suherman, E., dkk. 2003. StrategiPembelajaranMatematikaKontemporer. Bandung : JICA UniversitasPendidikan Indonesia.

Sulaiman (2014). Model Pembelajaran Cooperative Learning . Jurnal Universitas Islam Negeri Ar-Raniry ISSN 2086 – 1397 Volume V Nomor 2. Juli – Desember 2014

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka

Wondal ,Rosita (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan . Jurnal BIOEDUKASI ISSN : 2301-4678 Vol 3 No (1) September 2014.

Waluyo (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Di Kelas Xii Ipa 1 Sma Negeri 5 Palembang Tahun Pelajaran 2014/2015 . Jurnal Pembelajaran Biologi, Volume 2, Nomor 1, Mei 2015.

Downloads

Published

2019-05-24

How to Cite

Hartono, B., Sunardi, H., & Karyono, H. (2019). Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Teknik Pemesinan Bubut. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17606

Issue

Section

Articles