Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dengan Materi Pokok Kimia Unsur Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dengan Materi Pokok Kimia Unsur Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17607Abstract
Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar KIMIA melalui bagi siswa kelas XII MIPA A4 SMA Negeri 1 Ubud. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tindakan (action research) atau siklus sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: Rancangan, (Planning), Pelaksanaan Kegiatan dan pengamatan (Acting), Observasi (Observing), dan Refleksi/Tindakan (reflecting). Hasil yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu: observasi, tes dokumentasi dan wawancara, dijadikan acuan dalam menulis laporan penelitian Tindakan Kelas ini. Adapun hasil Penelitian yang diperoleh adalah: 1) hasil belajar Kimia siklus I adalah 77,63 dan 2) hasil belajar Kimia siklus II adalah 79,6. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kimia bagi siswa kelas XII MIPA A4 SMA Negeri 1 Ubud tahun pelajaran 2016/2017 dengan baik.
Kata Kunci : Model Problem Bsed Learning, Hasil Belajar Kimia, Kimia Unsur
References
Abdurrahman dan Bintoro, 2000, Memahami dan menangani siswa dengan Problema Belajar, Jakarta Dep, Diknas.
Amos Kandola, 2006, Model-model pembelajaran Matematika di sekolah, Jakarta UNJ.
Arikunto, Suharsimi. 1991. Pe-ngelolaan Kelas dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif. Bandung: Re-maja Rosdakarya.
Ariz ,Surya (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana.
Depdiknas, 2006, Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP), Jakarta. Depdiknas.
Endriani (2013). Menggali Pemahaman Siswa Tentang Reaksi Kimia Dengan Pendekatan Fenomenografi Di Salah Satu Smp Negeri Kabupaten Malang .Jurnal Universitas Negeri Malang.
Murtiningrum ,Tri (2013). Pembelajaran Kimia Dengan Problem Solving Menggunakan Media E-Learning Dan Komik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Abstrak Dan Kreativitas Siswa . Jurnal Inkuiri Issn: 2252-7893, Vol 2, No 3 2013 (Hal 288-301)
Nurun ,Yunin (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1, Februari 2014
Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknolog . Jurnal Universitas Negeri Jakarta
Siti ,Nurul (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Geografi . Jurnal Universitas Negeri Malang.
Sulaeha, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi). Jurnal Chemica Vol. 17 Nomor 2 Desember 2016, 94 – 102.
Suparno, P. Rohandi, R, Sukadi, G, Kartono, S. 2001. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi, Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Usman, Uzer, M. 2002. Menjadi Guru Profesional, Edisi kedua, cetakan ke empat belas, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Zuriah, N, 2003, Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial, Edisi pertama.Malang: Bayu Media Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)