Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dengan Materi Pokok Kimia Unsur Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dengan Materi Pokok Kimia Unsur Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Gusti Ayu Suarsani Sma Negeri 1 Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17607

Abstract

 Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peningkatan hasil  belajar KIMIA  melalui   bagi siswa kelas XII  MIPA A4 SMA Negeri 1 Ubud. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tindakan (action research) atau  siklus sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: Rancangan, (Planning), Pelaksanaan Kegiatan dan pengamatan (Acting), Observasi (Observing), dan Refleksi/Tindakan (reflecting). Hasil  yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu: observasi, tes dokumentasi dan wawancara, dijadikan acuan dalam menulis laporan  penelitian Tindakan Kelas ini. Adapun hasil Penelitian yang diperoleh adalah: 1) hasil belajar Kimia  siklus I adalah 77,63 dan 2) hasil belajar  Kimia siklus II adalah  79,6. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kimia bagi siswa kelas XII MIPA A4 SMA Negeri 1 Ubud tahun pelajaran 2016/2017 dengan baik.

 

Kata Kunci : Model Problem Bsed Learning, Hasil Belajar Kimia, Kimia Unsur

References

Abdurrahman dan Bintoro, 2000, Memahami dan menangani siswa dengan Problema Belajar, Jakarta Dep, Diknas.

Amos Kandola, 2006, Model-model pembelajaran Matematika di sekolah, Jakarta UNJ.

Arikunto, Suharsimi. 1991. Pe-ngelolaan Kelas dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif. Bandung: Re-maja Rosdakarya.

Ariz ,Surya (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana.

Depdiknas, 2006, Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP), Jakarta. Depdiknas.

Endriani (2013). Menggali Pemahaman Siswa Tentang Reaksi Kimia Dengan Pendekatan Fenomenografi Di Salah Satu Smp Negeri Kabupaten Malang .Jurnal Universitas Negeri Malang.

Murtiningrum ,Tri (2013). Pembelajaran Kimia Dengan Problem Solving Menggunakan Media E-Learning Dan Komik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Abstrak Dan Kreativitas Siswa . Jurnal Inkuiri Issn: 2252-7893, Vol 2, No 3 2013 (Hal 288-301)

Nurun ,Yunin (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1, Februari 2014

Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknolog . Jurnal Universitas Negeri Jakarta

Siti ,Nurul (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Geografi . Jurnal Universitas Negeri Malang.

Sulaeha, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi). Jurnal Chemica Vol. 17 Nomor 2 Desember 2016, 94 – 102.

Suparno, P. Rohandi, R, Sukadi, G, Kartono, S. 2001. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi, Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Usman, Uzer, M. 2002. Menjadi Guru Profesional, Edisi kedua, cetakan ke empat belas, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Zuriah, N, 2003, Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial, Edisi pertama.Malang: Bayu Media Publishing.

Downloads

Published

2019-05-24

How to Cite

Suarsani, G. A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dengan Materi Pokok Kimia Unsur Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dengan Materi Pokok Kimia Unsur Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 50–56. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17607

Issue

Section

Articles