Penerapan Metode Belajar Part and Whole untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Materi Senam Lantai (Lompat Kangkang)

Authors

  • I Ketut Jiwa SMK Negeri 1 Mas Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Penjasorkes dengan materi Senam Lantai (Lompat Kangkang) pada siswa kelas X AK 1 Semester Satu SMK Negeri 1 Mas Ubud. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Pariwisata pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang di dalamnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, serta refleksi. Data mengenai hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan asesmen gerak senam lantai, Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan metoda belajar Part and Whole dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) hasil siklus I dengan nilai rata-rata 76,26, dengan ketuntasan belajar mencapai 83,33%, dan 2) hasil siklus II dengan nilai rata-rata 81,66, dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan demikian maka pada siklus II tidak ada siswa yang belum tuntas dan penerapan metode belajar Part and Whole terbukti keberhasilannya.

 

Kata Kunci : Metode belajar Part and Whole, Hasil Belajar, Senam lantai Lompat Kangkang

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta PT. Rineksa Cipta.

Dewi, Putu Citra Permana. Pengaruh Metode Part And Whole Terhadap Prestasi Belajar Anatomi Manusia Pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 81-85, aug. 2016. ISSN 2337-9561.

Citra ,Putu (2016). Pengaruh Metode Part And Whole Terhadap Prestasi Belajar Anatomi Manusia Pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Ikip Pgri Bali . Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi Volume 2, No.1 : 81 – 85, Agustus 2016

Engkos S.R. 1994. Penjaskes. Jakarta; Erlangga.

Janaedi ,Anas (2015). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik . Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 03 Nomor 03 Tahun 2015, 834 - 842

Slamet, S.R. 1994. Penjaskes 3. Jakarta; Tiga Serangkai.

Syarifuddin, Aib. 1997. Penjaskes 1,2,3. Jakarta; PT. Gramedia Widiasmara Indonesia.

Syahrin ,Alfi (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Mts Se-Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017 . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah Volume 3. Nomor 2 : 76 - 91 Mei 2017.

Winanda, dkk. 2015. Peningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint 60 Meter Dengan Metode Part Whole Part Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Volume 4 Nomor 9 UNTAN.

Winarno ,M.E (2013). Penerapan Metode Part-Whole Untuk Meningkatkan Keterampilan Senam Ketangkasan Gerakan Round-Off Pada Siswa Kelas Xi Rpl-3 Smk Negeri 5 Malang . Jurnal Universitas Negeri Malang.

Tantra ,Sandey (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam . Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga JPJO 3 (1) (2018) 41-51

Downloads

How to Cite

Jiwa, I. K. (2019). Penerapan Metode Belajar Part and Whole untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Materi Senam Lantai (Lompat Kangkang). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 65–71. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17611

Issue

Section

Articles