Penerapan Metode Belajar Part and Whole untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Materi Senam Lantai (Lompat Kangkang)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17611Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Penjasorkes dengan materi Senam Lantai (Lompat Kangkang) pada siswa kelas X AK 1 Semester Satu SMK Negeri 1 Mas Ubud. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Pariwisata pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang di dalamnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, serta refleksi. Data mengenai hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan asesmen gerak senam lantai, Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan metoda belajar Part and Whole dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) hasil siklus I dengan nilai rata-rata 76,26, dengan ketuntasan belajar mencapai 83,33%, dan 2) hasil siklus II dengan nilai rata-rata 81,66, dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan demikian maka pada siklus II tidak ada siswa yang belum tuntas dan penerapan metode belajar Part and Whole terbukti keberhasilannya.
Kata Kunci : Metode belajar Part and Whole, Hasil Belajar, Senam lantai Lompat Kangkang
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta PT. Rineksa Cipta.
Dewi, Putu Citra Permana. Pengaruh Metode Part And Whole Terhadap Prestasi Belajar Anatomi Manusia Pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 81-85, aug. 2016. ISSN 2337-9561.
Citra ,Putu (2016). Pengaruh Metode Part And Whole Terhadap Prestasi Belajar Anatomi Manusia Pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Ikip Pgri Bali . Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi Volume 2, No.1 : 81 – 85, Agustus 2016
Engkos S.R. 1994. Penjaskes. Jakarta; Erlangga.
Janaedi ,Anas (2015). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik . Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 03 Nomor 03 Tahun 2015, 834 - 842
Slamet, S.R. 1994. Penjaskes 3. Jakarta; Tiga Serangkai.
Syarifuddin, Aib. 1997. Penjaskes 1,2,3. Jakarta; PT. Gramedia Widiasmara Indonesia.
Syahrin ,Alfi (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Mts Se-Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017 . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah Volume 3. Nomor 2 : 76 - 91 Mei 2017.
Winanda, dkk. 2015. Peningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint 60 Meter Dengan Metode Part Whole Part Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Volume 4 Nomor 9 UNTAN.
Winarno ,M.E (2013). Penerapan Metode Part-Whole Untuk Meningkatkan Keterampilan Senam Ketangkasan Gerakan Round-Off Pada Siswa Kelas Xi Rpl-3 Smk Negeri 5 Malang . Jurnal Universitas Negeri Malang.
Tantra ,Sandey (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam . Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga JPJO 3 (1) (2018) 41-51
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)