Optimalisasi Penerapan Metode Belajar Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Pokok Kasus Pelanggaran Ham

Authors

  • I Wayan Gabra SMA Negeri 1 Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17614

Abstract

Berdasarkan dari pengamatan dan penilaian peneliti  terhadap  mata pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Ubud hasil yang dicapai oleh siswa terhadap mata pelajaran PKn dengan materi pokok kasus pelanggaran HAM belum mencapai standar nilai yang telah ditentukan oleh sekolah. Hasil penilaian Prasiklus yang dilakukan oleh Peneliti sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ini  dengan nilai rata-rata 68,3 dan ketuntasan belajar mencapai 35,3 %. Melihat kondisi demikian Peneliti ingin melakukan perbaikan–perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam proses pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metoda diskusi kelompok. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran  PKn  bagi siswa kelas XI. MIPA  Semester  Ganjil  SMA Negeri  1 Ubud tahun pelajar 2015/2016. Penelitian ini dilakukan 4 tahapan dengan langkah-langkah yaitu : (1). Perencanaan, (2). Pelaksanaan, (3). observasi, (4). Refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran  dan dilakukannya refleksi ternyata adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran PKn bagi siswa kelas XI MIPA di Semester ganjil SMA Negeri 1 Ubud  untuk tahun pelajaran 2015/2016. Hasil  yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu: observasi, tes dokumentasi dan wawancara, adalah hasil belajar  siklus I adalah 78 dan hasil belajar  siklus II adalah 83. Kesimpulan dari penelitian ini adalah “Melalui Penerapan  metode  pembelajaran diskusi kelompok  pada mata pelajaran  PKn  dengan materi  pokok  Kasus Pelanggaran HAM  dapat meningkatkan hasil belajar siswa  kelas  XI MIPA  Semester  Ganjil  SMA Negeri 1 Ubud Tahun pelajaran 2015/2016.

References

Akbal ,Muhamad (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembangunan Karakter Bangsa . Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. 1989. Penilaian Program Pendidikan. Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud, Dirjen Dikti.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. jakarta rineksa Cipta.

Anindia ,Desy (2016). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan MI dalam Meningkatkan Karakter Siswa Berbasis Tradisi Pesantren . Jurnal Universitas Islam Kalimantan Mab, Blitar – Jawa Timur, Indonesia Vol. 1, No. 2, April 2016.

Basiran, Mokh. 1999. Apakah yang Dituntut GBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1994?. Yogyakarta: Depdikbud

Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan IPTDI.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta.

Depdikbud. 1995. Pedoman Proses Belajar Mengajar di SD. Jakarta: Proyek Pembinaan Sekolah Dasar.

Ihsan (2017). Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah . Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan.

Moeleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.

Muhibbin ,Ahmad (2016). Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Isu-Isu Kontroversial Di Media Massa Untuk Meningkatkan Sikap Demokrasi Mahasiswa Dan Implikasinya Bagi Masyarakat Madani. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 26, No.1, Juni 2016, ISSN: 1412-3835

Prasetyo ,Arif (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: usaha konkret untuk memperkuat multikulturalisme di Indonesia . Jurnal Civics Volume 14 Nomor 2, Oktober 2017.

Sari, dkk pada tahun 2014 yang berjudul Penerapan Metode Diskusi dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas III dalam Pembelajaran Pkn Tema Lingkungan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Jurnal Edukasi Unej 2014, I (2): 36-39.

Sutrisno (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016.

How to Cite

Gabra, I. W. (2019). Optimalisasi Penerapan Metode Belajar Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Pokok Kasus Pelanggaran Ham. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 90–96. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17614

Issue

Section

Articles