Optimalisasi Penerapan Metode Belajar Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Pokok Kasus Pelanggaran Ham
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17614Abstract
Berdasarkan dari pengamatan dan penilaian peneliti terhadap mata pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Ubud hasil yang dicapai oleh siswa terhadap mata pelajaran PKn dengan materi pokok kasus pelanggaran HAM belum mencapai standar nilai yang telah ditentukan oleh sekolah. Hasil penilaian Prasiklus yang dilakukan oleh Peneliti sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ini dengan nilai rata-rata 68,3 dan ketuntasan belajar mencapai 35,3 %. Melihat kondisi demikian Peneliti ingin melakukan perbaikan–perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam proses pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metoda diskusi kelompok. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas XI. MIPA Semester Ganjil SMA Negeri 1 Ubud tahun pelajar 2015/2016. Penelitian ini dilakukan 4 tahapan dengan langkah-langkah yaitu : (1). Perencanaan, (2). Pelaksanaan, (3). observasi, (4). Refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dan dilakukannya refleksi ternyata adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran PKn bagi siswa kelas XI MIPA di Semester ganjil SMA Negeri 1 Ubud untuk tahun pelajaran 2015/2016. Hasil yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu: observasi, tes dokumentasi dan wawancara, adalah hasil belajar siklus I adalah 78 dan hasil belajar siklus II adalah 83. Kesimpulan dari penelitian ini adalah “Melalui Penerapan metode pembelajaran diskusi kelompok pada mata pelajaran PKn dengan materi pokok Kasus Pelanggaran HAM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA Semester Ganjil SMA Negeri 1 Ubud Tahun pelajaran 2015/2016.
References
Akbal ,Muhamad (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembangunan Karakter Bangsa . Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 1989. Penilaian Program Pendidikan. Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud, Dirjen Dikti.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. jakarta rineksa Cipta.
Anindia ,Desy (2016). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan MI dalam Meningkatkan Karakter Siswa Berbasis Tradisi Pesantren . Jurnal Universitas Islam Kalimantan Mab, Blitar – Jawa Timur, Indonesia Vol. 1, No. 2, April 2016.
Basiran, Mokh. 1999. Apakah yang Dituntut GBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1994?. Yogyakarta: Depdikbud
Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan IPTDI.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta.
Depdikbud. 1995. Pedoman Proses Belajar Mengajar di SD. Jakarta: Proyek Pembinaan Sekolah Dasar.
Ihsan (2017). Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah . Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan.
Moeleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.
Muhibbin ,Ahmad (2016). Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Isu-Isu Kontroversial Di Media Massa Untuk Meningkatkan Sikap Demokrasi Mahasiswa Dan Implikasinya Bagi Masyarakat Madani. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 26, No.1, Juni 2016, ISSN: 1412-3835
Prasetyo ,Arif (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: usaha konkret untuk memperkuat multikulturalisme di Indonesia . Jurnal Civics Volume 14 Nomor 2, Oktober 2017.
Sari, dkk pada tahun 2014 yang berjudul Penerapan Metode Diskusi dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas III dalam Pembelajaran Pkn Tema Lingkungan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Jurnal Edukasi Unej 2014, I (2): 36-39.
Sutrisno (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016.
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)