Pengaruh Faktor Internal terhadap Kemampuan Guru Mengajar Agama Hindu
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17616Abstract
Abstrak
Tujuan pokok dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara disiplin kerja guru, motivasi kerja guru dan semangat kerja guru dengan kemampuan mengajar guru agama hindu di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di Denpasar dengan mengobesrvasi 80 guru sebagai responden disekolah adasr pada tiga kecamatan yang ada di Kota Denpasar. Data dianalisis menggunakan statistic inferensial dengan mengunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penelitian ini menemukan bahwa hubungan antara disiplin kerja guru (X1) dengan kemampuan guru mengajar agama Hindu (Y yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Ŷ = 6,523 +0,0467 X1 dengan ry1 = 0,404 adalah signifikan. Kedua, hubungan antara motivasi kerja guru (X2) dengan kemampuan guru mengajar agama Hindu (Y) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Ŷ = 8,721 + 0,0445, koefisien ry2 = 0,402 adalah signifikan. Ketiga, hubungan antara semangat kerja guru (X3) dengan kemampuan guru mengajar agama Hindu (Y) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Ŷ = 10,046 + 0,0529 X3 ry3 = 0,272 adalah signifikan. Keempat, hubungan antara disiplin kerja guru, motivasi kerja guru dan semangat kerja guru secara bersama-sama dengan kemampuan guru mengajar agama Hindu yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Ŷ = 0,762 + 0,0472 X1 + 0,0348 X2 + 0,0553 X3 dan koefisien korelasi ganda R y.123 = 0,607 adalah signifikan. Kelima Penelitian ini juga menemukan bahwa berdasarkan koefisien korelasi parsial ternyata (1) hubungan antara disiplin kerja guru dengan kemampuan guru mengajar menempati peringkat pertama jika motivasi kerja guru dan semangat kerja guru dikontrol, (2) hubungan antara motivasi kerja guru dengan kemampuan guru mengajar menempati peringkat kedua jika disiplin kerja guru dan semangat kerja guru dikontrol, dan (3) hubungan antara semangat kerja guru dengan kemampuan guru mengajar menempati peringkat ketiga jika disiplin kerja guru dan motivasi kerja guru dikontrol.
References
Amidjaya, D.T. (1982). Pembaharuan Sistem Pendidikan, Tenaga kependidikan dan Pedoman Pelaksanaannya, Jakarta Buku II, Depdikbub RI.
Arikunto, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi ke tiga). Yogyakarta, Rineka Cipta.
Dantes, N., 1996. Orientasi Tentang Profesi Guru dan Pengembangannya. Singaraja : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Darmodiharjo, D., 1991. Profesionalisme Pendidikan dan Pengajaran di Sekolah Suatu Rekayasa Pedagogis, IKIP Malang.
Joni, T.R., 1983. Cara Belajar Siswa Aktif, Wawasan Kependidikan, dan Pembaharuan Pendidikan Guru. Pidato Jabatan Guru Besar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang.
Maslow. Abraham, H., 1970. Motivation and Personality, New York, Evanston, and London.
Maslow, Abraham, H., 1994. Motivasi dan Kepribadian 2, Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia. Jakarta, Penerbit PT. Pustaka Binamaan Pressindo.
Naskawati, Anggraini, 2001. Hubungan Status Kepegawaian Guru, Keammpuan Mengajar dan Disiplin Kerja Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri Di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Tesis. Tidak diterbitkan. PPS. Universitas Negeri Malang.
Ngurah Made, Dkk., 1999. Buku Pendidikan Agama Hindu, Paramita, Surabaya.
Paramartha, 2003. Study Tentang Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Guru Mengajar Sejarah Pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Kota Denpasar, Tesis, Tidak Diterbitkan. IKIP Singaraja.
Santika, I Made, Dkk., 2003. Kurikulum Pendidikan Agama Hindu Berbasis Kompetensi Sekolah Dasar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. Bagian Proyek Peningkatan Wawasan Pendidikan Guru Agama.
Wijaya, 1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : Penerbit PT. Remaja Rosda Karya.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)